Jumat, 26 April 2024

Jelang Lebaran, Diskop UKM Jatim Gelar Bazaar K-UKM

Diunggah pada : 18 April 2022 20:10:50 177
Pembukaan Bazar K-UMKM oleh Asisten Administrasi Umum Setdaprov Jatim, Sjaichul Ghulam, di kantor Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Surabaya, Senin (18/4/2022).

Jatim Newsroom – Guna menyemarakkan bulan Ramadan dan menyambut Lebaran Idulfitri 1443 H, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (K-UKM) Jawa Timur bekerja sama dengan PT Amara Satu Raya menggelar Bazaar K-UKM “Ramadan Sale 1443 H”. 

Bazaar ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 18 - 20 April 2022. Pada tanggal 18 April 2022 akan berlangsung dari pukul 14.00-20.00 WIB, sementara di tanggal 19 - 20 April 2022 akan berlangsung dari pukul 10.00-16.00 WIB. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara K-UKM Expo 2022 yang juga ditujukan untuk mendukung program pemerintah dalam membangkitkan ekonomi dan UMKM melalui pemberdayaan dan promosi produk-produk unggulan masyarakat daerah. 

Mewakili Gubernur Jawa Timur, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Jatim, Sjaichul Ghulam, membuka kegiatan Bazaar K-UKM ini pada hari Senin (18/4/2022) di kantor Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Surabaya. 

“Bazaar K-UKM Ramadan yang diselenggarakan ini merupakan momen yang tepat karena selain giat ini untuk menyemarakkan Ramadan serta menyambut Idulfitri, juga sekaligus menjelang peringatan Hari Kartini,” ujar Sjaichul Ghulam mewakili Gubernur Khofifah. 

Sjaichul Ghulam menambahkan, sudah menjadi suatu tradisi di setiap Ramadan dan Idulfitri terjadi peningkatan konsumsi masyarakat khususnya untuk produk-produk makanan, minuman, kriya, dan fashion. 

“Maka, model marketing seperti ini perlu terus dikembangkan dengan inovasi-inovasi baru yang menarik di masa depan sehingga selain K-UKM dapat menjual produk juga dapat knowledge untuk meningkatkan kualitas produksi, administrasi keuangan, manajemen, dan pengembangan,” tambah Sjaichul Ghulam. 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Andromeda Qomariah menyampaikan, kegiatan ini bermaksud untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam penyediaan beberapa bahan pokok dan bentuk lain yang cenderung meningkat saat menjelang Hari Raya Idulfitri.

Ia pun menuturkan, dengan program-program pemerintah yang terus mendukung penuh UMKM Jawa Timur dan produk unggulan kreatif diharapkan dapat meraih peluang dalam memperluas jaringan usaha serta menambah pemasukan PDRB Provinsi Jawa Timur.  

Pada kegoatan bazar ini, pengunjung bisa datang ke lokasi tanpa biaya masuk atau gratis. Bazaar ini menghadirkan Galeri Batik Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Fashion Muslim, promo spesial mudik dari pusat oleh-oleh khas Jawa Timur yang bisa dipesan secara daring via Gojek, dan live shopping Ramadan Ekstra dari Tokopedia. 

Di sini juga dijual Paket Sembako yang terdiri dari 3 kg beras premium, 1 liter minyak goreng, dan 1 kg gula pasir. Paket tersebut dijual dengan harga Rp50 ribu dari yang semestinya di harga Rp76 ribu. 

Selain itu, ada pula penukaran uang baru dan 2000 paket takjil gratis berupa Aneka Kurma dari LawangAgung. 

Menjelang 21 April 2022, Diskop UKM Jatim juga menyiapkan program spesial Hari Kartini bagi belaku usaha wanita (womenpreneur). Program tersebut berupa Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi dan Manajerial dalam Menghitung HPP. 

Tak hanya itu, program spesial Hari Kartini ini juga dilengkapi dengan sosialisasi literasi keuangan untuk K-UKM oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pelatihan bertajuk “Kelas Maju Digital Jawa Timur” oleh Tokopedia. (idc/s)

 

#Jawa Timur #Diskop UKM Jatim #Dinas Koperasi