Senin, 20 Mei 2024

Jatim Gelar Festival Ramadhan Vaganza 1444 H di Masjid Raya Islamic Center

Diunggah pada : 6 April 2023 18:18:12 266
Salah satu peserta lomba banjari saat di panggung, pada acara Festival Ramadhan Vaganza 1444 H, di Masjid Raya Islamic Centre, Surabaya, Kamis (6/4/2023). Foto : Ghufron / JNR

Jatim Newsroom – Memeriahkan bulan suci Ramadan 1444 H, Pemerintah Provinsi Jawa Timur  melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Biro Kesra) Sekdaprov Jatim bekerja sama dengan Bank Jatim Syariah menggelar Festival Ramadhan Vaganza 1444 H, di Masjid Raya Islamic Centre, Surabaya.

Acara festival Ramadhan Vaganza 1444 H ini berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat (6-7/4/2023). Pada Kamis diadakan empat jenis lomba beserta babak penyisihan dan pengumuman pemenangnya. Sedangkan pada Jumat, diadakan penyerahan hadiah oleh Gubernur Jawa Timur kepada pemenang lomba. Empat lomba tersebut ialah lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), lomba azan, lomba tahfidz atau hafalan Al-Qur’an, dan lomba banjari.

Ketua panitia acara, Muhammad Rizki Kevin Melodi, menyampaikan, tujuan diadakan lomba ini ialah untuk memeriahkan bulan Ramadan. “Apalagi ini adalah sebuah acara yang diinisiasi oleh Biro Kesra Provinsi Jawa Timur beserta kolaborasi dengan Bank Jatim Syariah cabang Surabaya,” jelasnya.  

Lebih lanjut Kevin mengungkapkan bahwa, alasan yang mendasari lomba ini diadakan di Masjid Raya Islamic Centre, adalah karena Masjid Raya ini merupakan masjid yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur pada 18 Maret 2023 lalu.

“Selain memeriahkan bulan Ramadan, tujuan diadakan lomba ini adalah sekaligus untuk mensyiarkan Masjid Raya Islamic Centre Provinsi Jawa Timur. Mengingat masjid ini masih baru, maka kita harus merawat dan memperkenalkan masjid ini lebih luas ke masyarakat dengan acara festival Ramadan,” ungkapnya.

Kevin menyebutkan, lomba ini ditargetkan untuk diikuti peserta dari seluruh wilayah di Provinsi Jawa Timur. Sedangkan jumlah pesertanya, untuk lomba MTQ, lomba azan, lomba tahfidz masing-masing berjumlah 50, dan untuk lomba banjari ada 20 peserta. “Jadi kalau ditotal keseluruhan ada sekitar ratusan peserta,” sebutnya.

Mengingat acara ini diikuti oleh peserta yang berasal dari seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur, Kevin menjelaskan strategi publikasi kegiatan lomba ini agar banyak peminatnya. Yakni dengan menyerbarkan flyer di grup media sosial dan ke pesantren maupun sekolah.

“Kami mengarah kepada komunitas ke grup-grup banjari di media sosial seperti Whatsapp kami sebarkan flyernya, kemudian ke pesantren-pesantren maupun sekolah, karena itu merupakan publikasi yang paling cepat menurut saya dari pada harus diposting atau mendirikan baliho di jalanan karena ini kan sudah era digital,” kata Kevin.

Dikatakan Kevin, publikasi kegiatan lomba Festival Ramadhan Vaganza 1444 H ini dimulai buka pendaftaran pada 1 April hingga 5 April 2023. Periode itu, otomatis membutuhkan waktu hanya tiga hari untuk pendaftaran dan persiapan peserta.

“Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi saya sebagai event organizer agar bagaimana supaya kegiatan ini berjalan lancar sehingga harus saya maksimalkan. Alhamdulillah setelah tiga hari itu, peserta yang mendaftar membludak dari kuota dan target maksimal pesertanya. Yaitu dari kuota 50, tapi yang mendaftar bisa sampai 80 peserta untuk lomba tahfidz, MTQ dan azan, sedangkan untuk lomba banjari, juga lebih dari perkiraan yaitu 40 peserta,” terangnya.  

Kevin mengaku awalnya sempat pesimis saat membuka pendaftaran kegiatan ini dikarenakan target peserta yang berasal dari wilayah Provinsi Jawa Timur dan waktu yang singkat.

“Tapi Alhamdulillah dengan publikasi yang kuat, kerja sama antar pemerintah, koordinasi antara pimpinan dan bawahan, dan dukungan  dari Bank Jatim Syariah yang selalu membantu akhirnya acara ini bisa sukes terselenggara,” ucapnya.

Terkait juri lomba dan hadiah, Kevin mengatakan, juri berasal dari Dewan Masjid Indonesia Jawa Timur (DMI Jatim)  dan pengurus Islamic Centre. “Dan untuk hadiah pemenang lomba banjari, juara pertama 7 juta Rupiah, juara kedua 5 juta Rupiah, dan juara ke tiga 3 juta Rupiah. Lalu, untuk lomba MTQ, tahfidz dan azan, pemenang dari tiga lomba tersebut hadiahnya sama. Yaitu juara satu 5 juta Rupiah, juara dua 3 juta Rupiah, dan juara tiga 2 juta Rupiah,” pungkasnya. (vin/s)

#pemprov jatim #Masjid Raya Islamic Centre Jatim #pernik ramadan 2023