Selasa, 7 Mei 2024

Jalani Wisuda Tahfidz Al-Qur'an, 610 Pelajar Jenjang SD di Ponorogo Hafal Juz 30

Diunggah pada : 31 Oktober 2023 20:48:22 90
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko ketika menguji hafalan salah satu peserta dalam wisuda Tahfidz Al-Qur’an jenjang SD di Gedung PGRI, Selasa (31/01/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Implementasi Peraturan Bupati (Perbup) Ponorogo Nomor 37 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Keagamaan Pada Pendidikan Dasar sudah menuai hasil. Sebagai bukti, Dinas Pendidikan Ponorogo kembali mewisuda 610 pelajar jenjang Sekolah Dasar (SD)  yang minimal sudah hafal Al-Qur'an Juz 30  di Gedung PGRI, Selasa (31/10/2023).

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, yang menyerahkan langsung tropi dan piagam Tahfidz (program menghafal) Al-Quran kepada perwakilan wisudawan serta wisudawati serampung menjalani tes. Kang Bupati, sapaannya,  mencita-citakan generasi penerus di Ponorogo memiliki karakter yang kuat dan hebat. Tidak hanya pandai secara intelektual dan memiliki SDM yang tinggi, melainkan juga berakhlak mulia serta berbudi luhur layaknya santri tawadhu kepada para kiai. ‘’Para anak muda yang pintar lagi cerdas dengan dibentengi oleh Al-Qur’an di dalam hati mereka,’’ jelasnya.

Perbup Ponorogo No.37/2022 dalam lampirannya memuat capaian pembelajaran peserta didik pada pendidikan berbasis keagamaan. Dimulai dari  membaca Al-Qur’an tingkat dasar, Tahsinul Qur'an, hingga Tahfidzul Qur'an. Di situ juga diterakan capaian kompetensi berikut metodenya. Untuk jenjang SD, capaian kompetensi materi hafalannya adalah Juz 30. Sedangkan jenjang SMP adalah Juz 30, Juz 1, dan Juz 2. ‘’Metodenya menyetorkan hafalan di depan ustad dan  setiap hari harus muroja'ah (mengulang-ulang) hafalan bersama tutor sebaya,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo Nurhadi Hanuri. 

Menurut dia, pendidikan berbasis keagamaan bukanlah sekadar slogan. Namun, benar-benar diterapkan kepada peserta didik secara terukur. Dia tunjuk bukti 30 dari 610 pelajar jenjang SD yang diwisuda mampu melebihi capaian kompetensi Tahfidzul Qur'an. ‘’Mereka hafal Juz 30, 29, 28, 1, dan Juz 2. Sebanyak 580 anak hafal Juz 30 sesuai capaian kompetensi,’’ terang Nurhadi. 

Masih kata Nurhadi, peserta didik pada pendidikan dasar di Ponorogo akan mampu membaca dengan jelas dan benar, bahkan menguasai hafalan  Al-Qur’an. Para ustad yang menerima setoran bacaan dan setoran hafalan dan mencatat capaian setiap peserta didik. ‘’Dengan mampu membaca dan menghafalkan Al-Qur’an, mereka akan menerapkan maknanya dalam kehidupan sehari-hari,’’ ungkap Nurhadi. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo