Minggu, 5 Mei 2024

iSTTS – Google Developer Group Gelar DevFest Cloud Surabaya 2023

Diunggah pada : 18 November 2023 20:58:38 169
Wakil Rektor III iSTTS Surabaya, Ferdinandus (depan, batik biru) saat sesi foto bersama seluruh peserta acara DevFEst Cloud Surabaya 2023, di R. Auditorium iSTTS Surabaya, Sabt (18/11/2023). Foto : Wahyu / JNR

Jatim Newsroom – Institut Sains dan Teknologi Terpadu (iSTTS) Surabaya bersama dengan Komunitas Google Developer Groups (GDG) Cloud Surabaya mengadakan acara DevFest Cloud Surabaya 2023, di Ruang Auditorium iSTTS, Kota Surabaya, Sabtu, (18/11/2023). 

Tujuan diadakannya acara DevFest Cloud Surabaya 2023, adalah untuk belajar dan saling membangun koneksi bersama tentang teknologi baru sekaligus untuk menginspirasi masyarakat luas. Sehingga, dengan adanya acara ini diharapkan muncul calon speaker baru berikutnya yang bisa membantu banyak orang dalam mempelajari sebuah teknologi. 

Saat ditemui, Wakil Rektor III iSTTS Surabaya, Ferdinandus mengatakan, acara ini diinisiasi oleh GDG Cloud Surabaya, yang merupakan sebuah komunitas pengguna teknologi. “Sehingga tentu saja mereka yang hadir dan datang adalah banyak pengembang aplikasi yang memanfaatkan teknologi Google,” jelas Ferdinandus. 

Lebih lanjut, Ferdinandus menerangkan, alasan iSTTS bekerja sama dengan GDG Cloud Surabaya menggelar acara ini adalah karena sesuai dengan namanya, iSTTS ini merupakan sekolah tinggi sains dan teknologi terpadu. 

“Kampus kami ini orientasinya tentang teknologi, dan kita punya dua fakultas. Yaitu, pertama Fakultas Teknologi dan kedua, Fakultas Design. Tentu saja kami happy, senang ya, bahwa kegiatan yang basisnya teknologi dan design  yang di dalamnya banyak dipakai berkaitan dengan Google Technology, makanya kita selalu terbuka untuk menerima semua event-event berbasis teknologi. Apalagi kalau event teknologi, yang terkait dengan Google seperti ini terutama,” terang Ferdinandus. 

Ferdinandus mengungkapkan, iSTTS rutin mengadakan kegiatan perkumpulan semacam ini untuk saling berbagi pengetahuan teknologi, “Sebab teknologinya Google tidak hanya satu, tapi banyak. Jadi, yang kegiatan hari ini adalah terkait cloud, yang infrastrukturnya sudah bukan di kampus atau di tempat instansi ya, cuma aksesnya tetap bisa dilakukan,”  ungkapnya. 

Ferdinandus berharap, para mahasiswa iSTTS dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik supaya mereka tahu teknologinya Google. 

“Kita berharap bisa memfasilitasi, karena kegiatan ini banyak gunanya untuk pengembang aplikasi di bidang teknologi. Secara global, Surabaya dan Jawa Timur itu kan juga butuh pengembangan aplikasi. Untuk pengembangan teknologi tidak hanya satu sisi seperti perguruan tinggi saja, tapi juga masyarakat dan komunitas termasuk Google penyedia teknologinya semua berkontribusi dalam pengembangan teknologi,” harapnya. 

Sementara itu, Community Manager Indonesia dan Brunei, Developer Relations Google, Danang Juffry mengatakan, pembicara dalam acara ini merupakan orang-orang yang punya kemampuan teknis dan berpengalaman dalam mengaplikasikan teknologi. 

“Narasumbernya ada dari Google tentunya, dari berbagai macam company seperti Gates, dan ada Traveloka juga yang akan sharing teknologi komputasi awan atau cloud,” kata Danang. 

Danang menyebutkan, acara DevFEst ini berisi talkshow, seminar yang memaparkan materi terkait pengembangan teknologi. “Ada demo terkait teknologi seperti Artificial Intelligence atau AI, bukan hanya demonya tapi juga cara menggunakannya supaya bisa diterapkan di bisnis sehingga ada penjelasan implementasinya seperti apa. Lalu ada workshop, jadi hands on gitu ya kita mencoba melakukan coding tentang Vertex AI,” sebutnya. 

Melalui kegiatan ini Danang berharap, untuk masyarakat Surabaya dan Jawa Timur memiliki pengetahuan lebih, dan tahu kira-kira pengembangan teknologi terbaru seperti apa. “Karena sebetulnya kita bisa menerima hal-hal seperti ini kan di internet informasinya banyak. Tapi kita tidak tahu, mulainya dari mana atau kata kunci yang dicari apa. Nah, acara ini diharapkan bisa membuka wawasan luas punya fondasi sehingga bisa tahu selanjutnya mau belajar apa,” harap Danang.

Setelah acara ini, Danang mengatakan, pihaknya berharap akan ada acara-acara follow up berikutnya dan tidak berhenti di sini saja. 

“Dan berharap juga teman -teman yang di sini bisa join atau bergabung, kita punya komunitas online, di mana kalau teman -teman punya pertanyaan dan memberikan jawaban pertanyaan itu bisa di situ. Jadi pembelajarnya tidak berhenti sampai di sini. Selain itu, harapannya di acara -acara berikutnya, kita akan mengadakan acara seperti ini setiap tahun, semoga ke depan juga acara tetap hidup dan tetap ramai seperti ini,” pungkas Danang.

Sebagai informasi, pada DevFest Cloud Surabaya 2023 ini, acara juga turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, dan Kepala Dinas Kominfo Jatim Sherlita Ratna Dewi Agustin. (vin/s)

#Google Developer Group (GDG) #iSTTS #DevFest