Kamis, 9 Mei 2024

Hari Penglihatan Se-Dunia, Puluhan Penderita Katarak di Mojokerto Operasi Katarak Gratis

Diunggah pada : 25 Oktober 2022 12:12:36 33
Sumber foto; Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Puluhan penderita katarak di Kabupaten Mojokerto menjalani operasi gratis, pada Senin (24/10/2022). Operasi berlangsung di RSUD RS Basoeni Gedeg dan RSUD Soekandar Mojoksari. Dalam pelaksanaan operasi, belasan orang dibagi di dua rumah sakit tersebut.

Kali ini, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati berkesempatan meninjau operasi katarak tersebut. Ia menyampaikan diadakannya operasi katarak ini tak lepas peran dari Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto.

"Operasi katarak ini dalam rangka memperingati Hari Pengelihatan Se Dunia, saya mewakili masyarakat Kabupaten Mojokerto mengucapkan banyak terima kasih kepada Kompas," ungkap Bupati Ikfina. 

Lebih lanjut dikatakan Bupati Ikfina, penyakit katarak merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena proses penuaan dan menyerang bagian pengelihatan.

"Katarak ini merupakan salah satu bagian dari proses penuaan. Karena proses penuaan, pengelihatan itu merupakan salah satu hal yang penting untuk kita semua," jelasnya. 

Tak hanya itu, Bupati Ikfina pun mengatakan, penyakit katarak ini tidak bisa ditangani dengan alat bantu seperti kacamata, karena katarak itu lensa pada matanya buram.

"Katarak ini tidak bisa diperbaiki dengan kacamata, karena lensa matanya sudah keruh. Katarak ini harus dioperasi. Sehingga nanti bisa kembali melihat dengan jelas," ujarnya.

Bupati Ikfina berharap, operasi katarak ini berlangsung lancar. Ia juga berpesan kepada peserta agar pasca operasi selalu memperhatikan anjuran dokter.

"Mudah-mudahan lancar semua, pasca operasi yang dipesan dokter tolong diperhatikan, meskipun sepele bisa jadi infeksi," harapnya. (vin/s)

#Kabupaten Mojokerto