Selasa, 25 Juni 2024

Hari Demam Berdarah ASEAN, Dinkes Jatim Laporkan Kasus DBD Alami Penurunan

Diunggah pada : 16 Juni 2023 13:59:12 754
dok.Flyer JNR Jatim

Jatim Newsroom – Hari Demam Berdarah Dengue (DBD)  ASEAN diperingati tanggal 15 Juni setiap tahunnya. Bersamaan dengan momentum tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) melaporkan angka kasus DBD mengalami penurunan. 

Berdasarkan data Dinkes Jatim terbaru per 12 Juni 2023  yang diterima Jatim Newsroom pada (16/6/2023), menunjukkan bahwa angka kasus DBD di Provinsi Jawa Timur di tahun 2022 sebanyak 13.236 menjadi 3.445. Untuk angka kematian akibat DBD sebesar 154 di tahun 2022, dan menurun menjadi 32. Sedangkan untuk kasus yang sembuh dari DBD, di tahun 2022 sebesar 13.082 menjadi 3.413. 

Meski kasus DBD di Provinsi Jawa Timur mengalami penurunan, Kepala Dinkes Jatim, dr. Erwin Astha Triyono, tetap mengimbau masyarakat untuk menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungannya minimal seminggu sekali melalui Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik. 

“Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan setiap keluarga untuk melakukan pemeriksaan, pemantauan, pemberantasan jentik nyamuk demi mengendalikan penyakit tular vector khususnya DBD,” jelas dr. Erwin. 

Lebih lanjut dr. Erwin menerangkan, PSN dapat dilakukan melalui kegiatan 3M plus, yaitu Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang. 

“Menguras artinya seperti membersihkan bak mandi, vas bunga, tempat minum binatang peliharaan, tatakan dispenser. Menutup, yakni dengan menutup rapat Tempat Penampungan Air atau TPA jika TPA tidak mungkin dikuras atau ditutup bisa diberikan larvasida. Yang terakhir mendaur ulang atau menyingkirkan dan memanfaatkan barang bekas,” terangnya. 

“Plus menghindari gigitan nyamuk dengan cara memberantas larva, memberikan larvasida, memelihara ikan pemakan jentik, memasang ovitrap atau larvitrap maupun mosquitotrap serta menanam pohon pengusir nyamuk, memakai kelambu, anti nyamuk dan lain sebagainya,” imbuh dr. Erwin. 

Jika ada anggota keluarga yang mengalami gejala DBD seperti demam tinggi mendadak nyeri sendi dan otot, atau muncul bintik-bintik kemerahan di kulit, dr. Erwin berpesan agar segera diperiksakan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. (vin/s)

#Dinkes Prov Jatim #dinkes #Dinkes Jatim