Sabtu, 18 Mei 2024

Gubernur Khofifah Lirik Produk Pakan Imbuhan UB Feed

Diunggah pada : 12 Agustus 2022 16:35:11 119
UB Feed produk pakan ayam

Jatim Newsroom - Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) memiliki produk inovasi berupa imbuhan pakan unggas bernama “UB Feed”. Produk itu diprakarsai Prof. M. Halim Natsir, Prof. Siti Chuzaemi, Dr. Osfar Sjofjan, Dr. Muharlien, dan Yuli Frita Nuningtyas, M.Sc. UB Feed berbasis bahan tambahan alami untuk mengganti penggunaan dosis Antibiotik Growth Promoter (AGP) berlebih pada ayam pedaging dan petelur.

“Penggunaan AGP sebagai imbuhan pakan dapat menimbulkan residu dalam produk ayam. Sehingga menyebabkan masalah resistensi antibiotik tertentu pada ayam dan manusia yang mengkonsumsi produk ayam itu,” kata Halim, Jumat (12/8/2022).

Karya inovasi tersebut telah dikomersialisasikan sejak empat tahun, yang merupakan hasil program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) pendanaan Dikti tahun anggaran 2018-2020. 

Pada Inagro Expo, UB Feed mendapat kesempatan dikunjungi oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, Kamis (11/8/2022). Dalam kesempatan tersebut, gubernur bertanya tentang produk UB Feed, seperti manfaat, khasiat, dan aturan pemberian kepada ternak ayam.

Inagro Expo adalah pameran bidang pertanian dan pangan untuk mendorong terbangunnya ekosistem pertanian tangguh, khususnya di Jawa Timur. Acara tersebut dilangsungkan di Grand City Surabaya selama empat hari, Kamis – Minggu (11-14/8/2022). (jal/hjr)

#pemprov jatim