Senin, 6 Mei 2024

Gempabumi Tektonik M4,7 Dirasakan di Kabupaten Malang

Diunggah pada : 28 November 2023 8:53:36 18
Gempabumi Tektonik M4,7 Dirasakan di Kabupaten Malang. Sumber Foto: BMKG

Jatim Newsroom – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan pada hari Senin, 27 November 2023 pukul 15.19.01 WIB wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.86° LS; 112.81° BT tepatnya di laut pada jarak 84 km arah Tenggara Kab. Malang dengan kedalaman 109 km.

Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie, melalui rilis BMKG menerangkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas pada zona subduksi.

Guncangan gempabumi ini, lanjutnya, dirasakan di daerah Trenggalek, Malang, Banyuwangi, Jember, Blitar dan Gunungkidul II MMI. “Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” jelasnya.

Hingga hari Senin, 27 November 2023 pukul 15.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Setyoajie Prayoedhie mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” pesannya.

Ia pun meminta masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, yaitu Instagram/Twitter (@infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. (idc/s)

#BMKG #Kabupaten Malang #gempa bumi