Jumat, 10 Mei 2024

PMI Jatim Beri Bantuan Gempa Bawean, dari Logistik hingga Temporary Shelter

Diunggah pada : 9 April 2024 7:02:06 86
PMI Jatim Beri Bantuan kepada Masyarakat Korban Gempa Bawean. Sumber Foto: PMI Jatim

Jatim Newsroom - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Timur merespons gempa Bawean dengan beberapa kegiatan yaitu assesment, distribusi logistik yang terdiri dari 300 lembar terpal, 300 paket hygiene kit, 300 paket family kit, dan 150 paket baby kit di Kecamatan Sangkapura dan Tambak.

Mengutip laman PMI Jatim (9/4/2024), selain itu PMI Jatim juga melaksanakan edukasi tentang bencana Gempa Bumi dan cara menyelamatkan diri dengan total penerima manfaat 1.440 siswa dan Temporary Shelter dalam kelompok Rukun Tetangga (RT) di Dusun Rabeh Hilir Desa Lebak dan Dusun Bakung Desa Suwari seluas 5x10 meter di Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik.

Temporary Shelter sebagai respons PMI kepada masyarakat yang masih sering merasakan gempa susulan yang diharapkan masyarakat bisa aman tanpa adanya kepanikan pada saat terjadi susulan gempa bumi.

Danang yang berasal dari PMI Banyuwangi ini ditugaskan oleh PMI Provinsi Jawa Timur sebagai Koordinator di Bidang Shelter. Ia mengapresiasi dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam pembangunan Temporary Shelter, dengan perbantuan mulai dari logistik berupa bambu serta tenaga untuk membangun Temporary Shelter.

Dalam pembuatan temporary shelter ini dilaksanakan selama 1 hari dengan menghasilkan 1 tenda dengan kerangka bambu dan beratapkan terpal sudah jadi dengan jumlah Relawan PMI Jatim sebanyak 8 orang.

"Harapannya supaya bisa bermanfaat bantuan yang diberikan oleh PMI dalam hal ini temporary shelter " ujarnya.

Kepala Dusun Bakung, Mustain menyampaikan bantuan yang diberikan PMI berupa temporary shelter sangat bermanfaat untuk masyarakat di Dusun Bakung, terutama masyarakat masih trauma dengan kondisi gempa yang masih terus terjadi di Pulau Bawean sehingga sangat dibutuhkan temporary shelter tersebut.

Ia juga menambahkan perlu adanya penambahan temporary shelter terutama di Dusun Bakung yang rumahnya mengalami kerusakan cukup parah. (idc/s)

#gempa bumi #PMI Jawa Timur #Gempa Bawean