Sabtu, 4 Mei 2024

Gempa Magnitudo 5.6 Kembali Guncang Tuban

Diunggah pada : 3 April 2024 23:36:41 1064
dok.BMKG

Jatim Newsroom - Gempabumi dengan kekuatan magnitudo 5,6 kembali mengguncang wilayah perairan laut Jawa, Rabu (3/4/2024) pukul 16.02 WIB. Gempa ini tepatnya berada di 134 Km Timur Laut Kabupaten Tuban dengan kedalaman 10 kilometer atau terletak pada koordinat 5,86° LS ; 112,35° BT. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui lamannya, menyebutkan bahwa gempa ini merupakan rentetan gempa bumi yang sebelumnya terjadi. Selain itu, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif di Laut Jawa.

Gempa ini juga tergolong dalam jenis gempa tektonik dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif di Laut Jawa. Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa pergerakan gempa ini bersifat geser (strike-slip).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, melalui akun media sosialnya, juga mengatakan, bahwa gempa ini telah menyebabkan dampak yang dirasakan di beberapa daerah sekitarnya. Misalnya, di Bawean dengan skala III-IV MMI (dapat dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah), Surabaya, Tuban, Gresik, Bojonegoro, Blora, dan Kendal dengan skala II-III MMI (getaran dirasakan nyata di dalam rumah), serta Banjar dengan skala I-II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan bergoyang).

Meskipun begitu, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami menurut hasil pemodelan. Selain itu, gempa ini juga dapat memicu gempa susulan.

Masyarakat pun diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang belum terverifikasi kebenarannya. Untuk menghindari risiko cedera akibat gempa, disarankan untuk memeriksa dan memastikan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Informasi resmi hanya dapat dipercaya jika bersumber dari BMKG melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. Seperti Instagram/Twitter @infoBMKG, melalui Aplikasi Mobile (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(red)

 

#BMKG