Sabtu, 4 Mei 2024

Gempabumi Tektonik Kembali Dirasakan di Bawean Gresik

Diunggah pada : 4 April 2024 23:30:27 131
dok. BMKG

Jatim Newsroom – Gempabumi tektonik masih kembali dirasakan di wilayah Bawean Kabupaten Gresik. Kali ini gempa yang terjadi pada pukul 17:51:51 WIB, Kamis (4/4/2024) sore ini, memiliki parameter dengan magnitudo  M4.1. Gempa ini emmiliki episenter yang terletak pada koordinat 5.68 LS, 112.41 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut  pada 141 km TimurLaut TUBAN-JATIM pada kedalaman 10  km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif di Laut Jawa,” sebut Kepala Steogaf BMKG Sleman, Setyoajie Prayoedhie, melalui rilisnya, Kamis (4/4/2024).

Berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempabumi ini dirasakan di Bawean dengan skala intensitas III MMI (Bila siang hari dirasakan oleh orang banyak didalam rumah). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini Tidak Berpotensi Tsunami.

Gempabumi kali ini juga merupakan bagian rangkaian gempabumi Laut Jawa M6,0 yang terjadi pada hari Jumat pukul 11:22:45 WIB. Hingga hari Kamis 04 April 2024 pukul 18.45 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 478 (empat ratus tujuh puluh delapan ) aktivitas gempabumi .

Oleh karenanya, BMKG mengimbau kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.(red)

#BMKG