Jumat, 26 April 2024

Gedung Pintar Dilayani Tokopedia di Jatim, Layani 200 Ribu Transaksi dan Tampung 3 Juta Produk

Diunggah pada : 20 Oktober 2022 14:35:25 637
Gudang Pintar Dilayani Tokopedia yang berlokasi di Tambak Osowilangun, Surabaya, Jawa Timur. Foto: Wahyu/JNR

Jatim Newsroom – Hari ini, 20 Oktober 2022, telah diresmikan Gudang Pintar Dilayani Tokopedia yang berlokasi di Tambak Osowilangun, Surabaya, Jawa Timur. Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia, Astri Wahyuni, menerangkan bahwa Gudang Pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur seluas 1.500 m2 ini merupakan Gudang Pintar terbesar yang dimiliki oleh Tokopedia. 

Gudang yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ini mampu melayani lebih kurang 200 ribu transaksi setiap hari dan menampung 3 juta produk.

“Ada sekitar 750 pekerja Jawa Timur dengan kontribusi pekerja perempuan sebesar 40 persen,” kata Astri. 

Astri mengatakan bahwa kegiatan ini bukanlah kemitraan pertama antara Tokopedia dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya telah dilakukan kerja sama-kerja sama yang menunjukkan keberpihakan terhadap pelaku UMKM. 

“Tadinya UMKM melakukan usaha secara offline dengan jangkauan hanya kota terdekat. Kemudian masuklah era online yang membantu para UMKM untuk bisa mengirim barang ke luar Jatim, namun tetap ada tantangan logistik, bahkan ongkirnya lebih mahal dari harga barang, waktu konsumen menerima barang juga terbilang lama. Dari tantangan tersebut, kami melihat bahwa Tokopedia harus berinovasi,” tegasnya. 

Melalui sistem yang ada di Gudang Pintar ini, lalu lintas barang yang keluar masuk Jatim bisa dipantau. Bahkan, pelaku UMKM bisa memonitor potensi barang yang paling diminati konsumen. 

“Teman-teman UMKM bisa menitipkan barang di sini. Kami akan memfasilitasi mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman, hingga complaint handling. Jadi teman-teman UMKM cukup menitipkan barang di sini sehingga ongkos kirim bisa lebih kompetitif dan waktu penerimaan barang bisa lebih cepat. Konsep logistik semacam ini diharapkan mampu membantu pelaku UMKM dalam membangun bisnis yang lebih efisien dan bisa fokus ke pengembangan produk,” pungkas Astri. (idc/n)

#UMKM #gudang pintar #tokopedia