Minggu, 19 Mei 2024

Galakkan Program SEHATI, Bupati Mojokerto Minta Orang Tua Cukupi Gizi Anak

Diunggah pada : 12 Juli 2023 8:34:06 29
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Sebagai upaya dalam menakan angka kasus stunting, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto menggalakkan program Selasa Sehat Turunkan Stunting, AKI dan AKB (SEHATI). 

Program SEHATI yang diikuti seluruh ibu balita di Desa Simbaringin itu, berlangsung di Pendapa Desa Lakardowo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Selasa, (11/7). 

Pada momen itu, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, meminta para orang tua agar mencukupi gizi anaknya mulai dari dalam kandungan hingga usia lima tahun. Hal tersebut guna menciptakan generasi yang cerdas dan pintar.

"Berjalan mulai dari dalam kandungan sampai usia lima tahun. Kalau kita ingin anak pintar, maka bahannya untuk pintar yakni otaknya harus bagus dan maksimal. Hal itu akan terjadi kalau gizinya cukup sampai usia lima tahun yang ditandai dengan setiap bulan berat badannya naik sesuai dengan grafik," kata Bupati Ikfina melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Rabu (12/7/2023).

Lebih lanjut, kepada ibu balita Bupati Ikfina berpesan agar memperhatikan indikator balita menuju stunting. Langkah itu sebagai cara untuk menangani permasalahan stunting sejak dini.

"Ada empat indikator balita menuju stunting yakni weight faltering atau kenaikan berat badan yang tidak cukup, underweight atau kekurangan berat badan, gizi kurang, dan gizi buruk. Masing-masing memiliki cara penanganan sendiri," jelas Bupati Ikfina.

Untuk mengatasi hal itu, Bupati Ikfina juga mengimbau agar para balita diberikan makanan kaya protein hewani seperti daging, ayam, ikan, susu selama 14 hari.

"Jadi gizi kurang dan gizi buruk itu perlu diberikan makanan kaya protein selama tiga bulan dan kalau sudah stunting petugas kesehatan yang menangani," tutur Bupati Ikfina. 

Diketahui, turut hadir pula dalam kegiatan Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas P2KBP2, Kepala Desa Lakardowo, serta Forkopimca Jetis. (vin/s)

#stunting #Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #Pemkab Mojokerto #SEHATI