Jumat, 20 September 2024

Futsal Jatim Bawa Pulang Medali Perak di PON XXI/2024

Diunggah pada : 9 September 2024 16:20:23 155
Tim Futsal Jatim di PON XXI/2024. Sumber Foto: KONI Jatim

Jatim Newsroom - Tim futsal Jawa Timur (Jatim) membawa pulang medali perak Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut. Ini setelah skuad Jatim bertanding melawan tim futsal Kalimantan Timur (Kaltim) dengan skor 1-2 dalam partai final di GOR Dispora Sumut, Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Mengutip laman Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Timur, laga final diwarnai dengan drama dan ketegangan. Tim Jatim membuka keunggulan lebih dulu melalui tendangan cepat Achmad Guntur Ramadhan dari sisi kiri pada menit ke-18. Namun, Kaltim berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-13 lewat gol Fajar Aidil Adha.

Sepanjang babak pertama, kedua tim saling jual beli serangan. Jatim terlihat lebih mendominasi dan menciptakan banyak peluang. Sementara Kaltim bermain efektif dengan memanfaatkan kesempatan yang ada.

Memasuki babak kedua, intensitas pertandingan semakin meningkat. Namun pada menit ke-16, pertandingan terpaksa dihentikan sementara akibat atap GOR Dispora Sumut yang bocor karena hujan lebat. Setelah masalah teratasi, pertandingan kembali dilanjutkan.

Kedua tim terus saling serang hingga waktu normal berakhir dengan skor imbang 1-1. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu selama 10 menit, yang dibagi menjadi dua babak.

Pada babak perpanjangan pertama, tensi pertandingan semakin memanas. Sandy Kusuma Trilandy dari Jatim mendapat kartu kuning pada menit ke-2. Tidak lama kemudian, giliran pemain Kaltim Muhammad Tambang Zikra yang diganjar kartu kuning pada menit ke-3 babak perpanjangan.

Gol kemenangan Kaltim tercipta pada menit ke-1 babak perpanjangan kedua. Sebuah tendangan dari garis yang diumpan langsung ke gawang berhasil menembus pertahanan Jatim, mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Kaltim.

Meski Jatim meningkatkan intensitas serangan di menit-menit akhir, namun semua peluang berhasil dimentahkan pertahanan Kaltim. Hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-1 untuk kemenangan Kaltim tak berubah.

Dengan hasil ini, tim futsal Kaltim resmi menjadi juara PON XXI Aceh-Sumut 2024 dan berhak atas medali emas. Kemenangan menjadi prestasi membanggakan bagi kontingen Kaltim di ajang multievent olahraga empat tahunan.

Pelatih futsal Kaltim Panca Pauji mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas pencapaian timnya. “Alhamdulillah, kami ucapkan syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kita ucapkan terima kasih sama kedua orang tua kami yang siang malam, pagi selalu mendoakan,” ujarnya. (idc/s)

#PON #PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional