Sabtu, 4 Mei 2024

Fashion Busana Adat Nusantara Meriahkan Perayaan HAB Kemenag ke-78 di Pamekasan

Diunggah pada : 6 Desember 2023 8:58:43 21
Foto : DWP Kemenag Pamekasan meriahkan perayaan HAB Kemenag ke-78 dengan Fashion Busana Adat Nusantara, Sumber Foto : Kemenag Pamekasan

Jatim Newsroom – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama (HAB Kemenag) ke-78, Dharma Wanita Persatuan Kemenag Pamekasan menggelar acara Fashion Busana Adat Nusantara. Acara ini berhasil menyatukan keberagaman budaya Nusantara dalam pagelaran busana yang multikultur.

Mengutip dari laman Kemenag Pamekasan, Rabu (6/12/2023), acara yang diikuti oleh seluruh sanggota Dharma Wanita Persatuan Kemenag Kabupaten Pamekasan ini bertujuan untuk melestarikan keberagaman budaya di Indonesia, khususnya melalui ragam busana adat yang memperkaya dan memperindah warisan budaya bangsa.

Di Aula  Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan dipenuhi oleh anggota lomba yang tampil dengan busana adat dari seluruh penjuru tanah air, Indonesia. Setiap peserta tampil dengan semangat tinggi, memamerkan keindahan dan keunikan busana tradisional yang dikenakannya.

Kegiatan ini dihadiri seluruh anggota DWP Kemenag Pamekasan dan pegawai Kementerian Agama setempat. Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ibu Hj. Rukani menuturkan, "Acara ini tidak hanya sebagai wujud kekompakan kita dalam merayakan HAB Kemenag, tetapi juga menjadi ajang untuk memahami, menghargai dan melestarikan keberagaman budaya di Negeri ini," ujar Kepala Kantor.

Pemilihan pemenang dalam acara ini dilakukan oleh juri yang sudah dipilih dan ditentukan secara selektif dan kompeten. Mereka menilai tidak hanya dari aspek estetika busana, tetapi juga pengetahuan peserta tentang sejarah dan makna di balik busana adat yang mereka kenakan.

Acara Fashion Busana Adat Nusantara ini berhasil menciptakan keakraban dan kebersamaan di antara anggota Kementerian Agama Pamekasan. Semangat untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa semakin terpupuk, seiring dengan berkembangnya apresiasi terhadap keberagaman budaya Nusantara.(jrm/hjr)

#kakanwil Kemenag Jatim