Jumat, 29 Maret 2024

Kemenag Jatim Dorong Semangat Moderasi Beragama di Semua Kegiatan

Diunggah pada : 26 Agustus 2022 21:12:58 208
Kepala Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Timur (Kemenag Jatim), Husnul Maram, aat menutup kegiatan Peningkatan Peran Jurnalis dan Penggiat Media Sosial dalam Publikasi dan Kerukunan Beragama, di Swiss Bellin Hotel Manyar Surabaya, Jumat (26/8/2022). Foto;sti JNR Kominfo Jatim.

Jatim Newsroom - Kepala Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Timur (Kemenag Jatim), Husnul Maram, meminta agar seluruh kegiatan Kemenag diilhami oleh semangat moderasi beragama. Moderasi beragama merupakan kunci toleransi dan kerukunan, serta jalan tengah yang mengajarkan prinsip adil dan berimbang. 

"Semangat moderasi beragama itu penting. Yang dimoderasikan adalah cara beragama, cara memandang, dan cara mempraktikan," ujar Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram, saat menutup kegiatan Peningkatan Peran Jurnalis dan Penggiat Media Sosial dalam Publikasi dan Kerukunan Beragama, di Swiss Bellin Hotel Manyar Surabaya, Jumat (26/8/2022). Kegiatan ini diikuti oleh Kasubag TU Kemenang Kabupaten/kota di Jatim, beserta para Pranata dan Pelaksana Humasnya, dan kalangan media.

Lebih lanjut Husnul menyampaikan, ada empat unsur dalam moderasi beragama. Pertama, komitmen kebangsaan. Dalam unsur ini juga memiliki empat konsesnsus nasonal yang harus diterapkan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Cinta NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. 

Selanjutnya, untuk unsur moderasi beragama Kedua, yaitu anti kekerasan baik kekerasan fisik maupun non fisik. Artinya menghindari kekerasan secara langsung (fisik) maupun kekerasan yang tidak langsung yang cenderung menyerang mental seseorang.

Ketiga, unsur moderasi beragama berupa toleransi. Hal ini penting dan harus diajarkan kepada anak didik dan anak-aak di tengah keluarga.

Keempat, unsur moderasi beragama dengan menghormati budaya-budaya lokal. "Untuk hal ini, saya mengimbau para kepala KUA yang berhubungan langsung dengan masyarakat, jadilah moderat. Hargai tradisi lokal," tutur Husnul.

Husnul pun berpesan kepada para Kasubag TU dan Pranata atau Pelaksana Humas di lingkungan Kemenag Jatim untuk aktif dalam kegiatan publikasi dan kehumasan. Menurutnya, kegiatan apapun di Kemenang harus disebarluaskan agar masyarakat bisa merasakan pembangunan-pembangunan yang sudah dilaksanakan Kemenag.

"Oleh karena itu hendaknya semua satuan kerja di lingkungan Kemenag Jatim agar ada agen untuk memberitakan dan memviralkan," pungkasnya.(sti)

#kakanwil Kemenag Jatim