Kamis, 9 Mei 2024

Dr H Murtafi Haris LC M Fil : Takwa Adalah Realisasi Keimanan

Diunggah pada : 10 April 2023 9:46:35 56
Ustad Dr H Murtafi Haris LC M Fil

Jatim Newsroom - Bulan puasa menghantarkan umat Islam menuju takwa yang sesunguhnya, takwa adalah derajat seorang musilm yang dalam hidupnya selalu waspada, dan hati-hati serta ingat kepada Allah SWT, sehingga menjauhi apa yang dilarang dan menjalankan yang diperintahkan.

Demkian disampaikan, Ustad Dr H Murtafi Haris LC M Fil dalam kajian menjelang berbuka puasa Bulan Suci Ramadan 1444 H, bertajuk “Puasa Menuju Takwa” di Masjid Raya Islamic Center Jawa Timur Surabaya, Minggu (9/4/2023).

Pemahaman ini menurutnya, penting karena banyak manusia hanya bertakwa jika ada yang melihat. Sebaliknya, jika tidak ada yang melihat akan berbuat semaunya. ”Orang bertakwa akan selalu berbuat baik meski tidak ada yang melihat, selalu hati-hati melakukan segala sesuatu karena Allah,” ungkapnya.

Ia mengingatkan, kepada umat muslim dalam melakukan kebaikan jangan selalu memperitungkan materi, jika dilakukan maka terputus dengan Allah, tetapi yang diperlukan bagaimana materi bisa nyambung tujuan baik kita, karena materi bukan tujuan akhir. Bagaimana mendapatkan materi itu juga penting, jangan gunakan jalan tidak halal, jangan sampai yang dimakan didapatkan dari sesuatu yang haram,” tuturnya.

Salah satu ciri orang bertakwa adalah taat syariat, puas terhadap yang sedikit , siap-siap meninggalkan dunia yang fana mencari bekal untuk akhirat. “Jangan sampai hidup ini tidak investasi untuk akhirat, itu sangat merugi.Puasa yang kita lakukan ini untuk mencapai sukses akhirat, puasa membuat kita takut dosa, ingat Allah, berusaha menjaga diri dari pembuatan dosa,” pungkasnya. (hjr)

 

#ramadan 1444 H