Sabtu, 27 April 2024

DPRD Jatim Minta Segara Dilakukan Normalisasi Bengawan Njero Lamongan

Diunggah pada : 1 Maret 2023 12:55:13 94
Anggota DPRD Jatim, Makin Abbas di temui di ruang kerja DPRD Jatim

Jatim Newsroom - Anggota Komisi D DPRD Jatim, Makin Abbas meminta agar Pemprov Jatim melakukan penangnan serius, mengeruk bengawan Njero yang ada di Kabupaten Lamongan. Pasalnya, sungai tersebut sering meluap dan menyebabkan banjir di wilayah Lamongan.

"Untuk yang di Lamongan perlu penanganan serius bengawan Njero dan sampai kapan pun akan banjir," kata Makin dikonfirmasi, Rabu (1/3/2023).

Politisi asal Fraksi PKB Jawa Timur itu mengatakan, dari data yang didapat, pada pertengahan februari 2023 lalu, luapan bengawan Njero menyebabkan banjir di tiga kecamatan. Kondisi itu terjadi karena tanggul sungai jebol dan air meluap ke pemukiman warga dan sawah. "Yang banjir kemarin sudah tiga kecamatan dan ada yang satu meter kemarin," katanya.

Anggota DPRD Jatim dari Dapil Gresik-Lamongan itu menjelaskan, Pemprov Jatim dan pemerintah pusat harus mengucurkan dana untuk melakukan normalisasi terhadap sungai itu. Pasalnya, pendanaan yang dipunyai Pemkab Lamongan tidak memungkinkan, sehingga harus dibantu. "Pemprov dan pusat harus memberikan pendanaannya. Karena nggak cukup kalau cuma Pemkab. Ini semua harus berpartisipasi turun tangan,"pungkasnya. (Pca/hjr)

#dprd jatim