Jumat, 17 Mei 2024

DPMD Jatim Gelar Lomba Desa/Kelurahan dan Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK

Diunggah pada : 17 Mei 2022 11:47:40 937
Ketua tim penggerak PKK Prov Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak, saat sambutan seleksi penilaian paparan lomba desa, Selasa (17/5/2022)

Jatim Newsroom - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Prov Jatim menggelar lomba desa/kelurahan dan pelaksana terbaik 10 program pokok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Prov Jatim tahun 2022. 

Ketua tim penggerak PKK Prov Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak, saat seleksi penilaian, Selasa (17/5/2022) mengatakan, tujuan lomba pelaksana terbaik 10 program pokok PKK yakni untuk memantau, membina, dan memverifikasi kegiatan PKK di kabupaten, di desa/kelurahan, kecamatan dan Kabupaten/Kota.  

Menurutnya, rangkaian kegiatan ini tidak hanya evaluasi kegiatan 10 program pokok PKK saja, namun disertai dengan pembinaan teknis dalam bidang pembinaan karakter keluarga, pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, penguatan ketahanan keluarga, serta kesehatan keluarga. “Penilaian dilakukan mulai dari administrasi yang dikerjakan oleh sekretaris, kegiatan Pokja 1, Pokja 2, Pokja 3, hingga Pokja 4,” katanya. 

Arumi menyampaikan, pelaksanaan lomba desa kelurahan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan pedesaan dan kelurahan, bidang pendidikan kesehatan, kelembagaan masyarakat pemerintahan desa dan kelurahan. Selain itu juga untuk pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban masyarakat, serta ekonomi masyarakat. 

Arumi berharap, dalam pelaksanaan paparan oleh kepala desa/lurah/ketua tim penggerak PKK desa atau kelurahan, agar juga disampaikan potensi desa/kelurahan setempat. Bahkan menurutnya, semakin baik jika disampaikan inovasi-inovasi kegiatan di desa/kelurahan, sehingga terlihat menjadi desa yang maju berkembang dengan pembangunan yang terintegrasi.

“Jangan sampai ada yang tertinggal tidak disampaikan dalam format penilaian, sesuai dengan dokumen profil yang telah dinilai administrasi secara offline dan online oleh tim penggerak PKK Prov Jatim dan tim penilai lomba desa/kelurahan Prov Jatim,” ujarnya. 

Pada kesempatan ini, diberikan apresiasi kepada 14 kabupaten/kota yang telah berhasil dalam penilaian administrasi pelaksanaan terbaik 10 program pokok PKK, serta penilaian administrasi online lomba desa dan kelurahan. “Selanjutnya hari ini kita akan mengikuti seleksi penilaian paparan sesuai dengan profil dan dokumen yang telah dinilai oleh tim penilai lomba 10 program pokok PKK dan lomba desa kelurahan Prov Jatim,” kata Arumi. 

Kabid Bina Pemerintahan Desa PMD Jatim, Muhammad Wahyudi, mengatakan, penilaian paparan dilaksanakan selama tiga hari (17-19 Mei). Setelah penilaian paparan selanjutnya akan dilaksanakan penilaian lapangan ke desa dan kelurahan.

“Semoga kondisi pandemi Covid 19 segera membaik sehingga dapat melaksanakan penilaian lapangan dengan aman lancar sesuai dengan tujuan,” katanya. 

Sebagai informasi, adapun peserta penilaian lomba desa/kelurahan dan paparan 10 program pokok PKK, yaitu Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik, Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

Selain itu, Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo Kota Surabaya, Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Desa Gunungsari Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, Desa Wonosobo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Pacitan, Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto, Kelurahan Tanjungsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, Desa Cermo Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, Desa Madirejo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, Desa Kedungpanji Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan. (ern/s)

#jatim #Ketua TP PKK Jatim #DPMD