Jumat, 3 Mei 2024

DPD IWAPI Jatim Bagikan 1000 Bibit Jeruk Bantuan Kementerian Pertanian

Diunggah pada : 25 Mei 2023 17:27:32 92
Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jatim

Jatim Newsroom- Mendukung sektor pertanian, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) membagikan 1000 bibit tanaman jeruk bantuan Kementerian Pertanian, kepada Dewan Pengurus Cabang (DPC) IWAPI Lumajang, Tuban, Surabaya, dan Sidoarjo.

Ketua DPD IWAPI Jawa Timur, Susmiati Rahmawati dalam keterangan tertulis, Kamis (25/5/2023) mengatakan, bibit yang dibagikan DPC terdiri DPC Lumajang 500 bibit, Tuban 300 bibit, Surabaya 100 bibit. Rencananya, seluruh DPC IWAPI Jatim akan menerima bantuan bibit jeruk.

“Kita butuh banyak perempuan pengusaha untuk membangkitkan ekonomi Indonesia. Memberdayakan perempuan, juga berarti memberdayakan keluarga, memberdayakan generasi masa depan Indonesia," katanya.

Menurut Rahmawati, IWAPI Jatim sangat mendukung program-program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.”Banyak sektor yang dapat meningkatkan perekonomian, salah satunya pertanian. Banyak daerah di Jawa Timur yang mendukung sektor pertanian karena merupakan daerah penghasil buah-buahan.

Sementara Wakil Ketua Umum VIII DPD IWAPI Jatim bidang Agribisnis, Ma'rufah menambahkan, ini adalah program Kementerian Pertanian dan Jawa Timur terbukti mampu menjalankannya.  “Program ini adalah sebuah kepercayaan karena 3-4 tahun yg lalu juga ada program sejenis dan DPD IWAPI Jatim membuktikan pembagian yang merata ke beberapa daerah, dan salah satunya adalah di lahan Desa Bocek Karangploso Kabupaten Malang, di wilayah ini, bibit jeruk yang kita berikan sudah panen dan sampai sekarang tumbuh subur,” jelasnya.

Wilayah Desa Bocek yang hampir seluas 1,5 juta Hektar berupa lahan tanah hitam, sebagian besar dimanfaatkan sebagai lahan pertanian seluas 130.991 Ha dan perkebunan seluas 12.350 Ha. Selain pertanian dan perkebunan, lahan desa juga dimanfaatkan sebagai pemukiman seluas 150.000 Ha, hutan produksi seluas 437.750 Ha, perkantoran seluas 0,50 Ha, sekolah seluas 2,5 Ha, tempat olahraga seluas 1,56 Ha, tempat pemakaman umum seluas 2,1 Ha, dan lainnya. (hjr)

#DPD IWAPI Jatim