Kamis, 28 Maret 2024

Gubernur Khofifah Ajak IWAPI Perkuat Perekonomian Perempuan Jatim

Diunggah pada : 11 Februari 2023 18:59:51 252
Foto : Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Ketua DPD IWAPI Jawa Timur, Susmiati Rahmawati memotong Tumpeng saat Peringatan HUT ke-48 IWAPI di Grand City Mall Surabaya, Sabtu (11/2/2023).

 

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI)  berkontribusi dalam  pemberdayaan ekonomi kalangan perempuan Jawa Timur, hingga lahir perempuan pengusaha yang menjadi pribadi-pribadi tangguh dan mandiri secara ekonomi.

“Saya harap IWAPI terus mengajak perempuan-perempuan Indonesia, perempuan-perempun di Jawa Timur untuk bangkit, mandiri, sejahtera dan bermartabat. Dengan begitu akan tercipta kesejahteraan dan kemajuan strategis bagi kaum perempun,” kata Gubernur Khofifah saat  Peringatan HUT ke-48 IWAPI di Grand City Mall Surabaya, Sabtu (11/2/2023).

Menurut gubernur, penguatan ekonomi, akan memberikan penguatan bagi kaum perempuan sehingga  terhindar dari rentenir dan  kemiskinan. “Upaya penguatan demi penguatan  dengan baik dan produktif oleh IWAPI akan berkontribusi dalam pertumbukan ekonomi di Jatim,” imbuhnya.

“Selamat ulang tahun ke-48 IWAPI, semoga dengan keuletan, kegigihan, rasa percaya diri, visioner dan cepat beradaptasi maka IWAPI akan menjadi garda terdepan dalam membangun kemandirian perempuan,” harap gubernur.

Lebih lanjut dikatakannya, peran IWAPI begitu kuat dalam mendorong penguatan dari seluruh anggotanya. Dimana IWAPI membantu akses permodalan maupun akses pemasaran para anggotanya. Salah satunya melalui kegiatan misi dagang Pemprov Jatim ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk luar negeri.

“IWAPI tidak pernah absen mengikuti kegiatan misi dagang kita ke berbagai daerah di Indonesia termasuk ke luar negeri. Ini menjadi upaya memperluas pasar global. Jadi IWAPI Jatim sebetulnya sudah go global,” katanya.

Kegiatan misi dagang ini, menjadi upaya memperluas jaringan pasar, memahami potensi perdagangan antar dua daerah, serta memperkenalkan produk unggulan dari Jatim.

“Dengan misi dagang maka ini akan menjadi pendorong dan penguat dari seluruh proses pertumbuhan ekonomi. Kita harapkan  akan terus tumbuh besar dan terus berkembang,” ucapnya.

Saat ini, lanjut gubernur,  banyak negara tengah memasuki era green economy ke arah blue economy. Yakni peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui berbagai kegiatan yang inovatif dan kreatif dengan tetap menjamin usaha dan kelestarian lingkungan. Untuk itu, ia berharap IWAPI dapat ikut berpartisipasi dan berkontribusi melalui green economy dalam mewujudkan net zero emission 2060.

“Penguatan demi penguatan kita lakukan untuk masuk dalam green economy ke arah blue economy. Bagaimana penguatan daya dukung alam dan lingkungan ini juga berseriring dengan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD IWAPI Jawa Timur, Susmiati Rahmawati yang membacakan sambutan Ketua Umum DPP IWAPI mengatakan, program kerja IWAPI fokus pada tiga hal yaitu pertama meningkatkan keahlian dalam SDM. Kedua, membuka jaringan pemasaran seluas-luasnya. Ketiga, membuka dan mempermudah akses kelembagaan pembiayaan dari segi finansial.

“IWAPI berada di 34 provinsi sampai kab/kota dengan anggota lebih dari 30 ribu perempuan pengusaha dan sebagian besar adalah pelaku UMKM,” tuturnya.

Dikatakannya, meski banyak pihak menyebut  tahun 2023 merupakan tahun yang gelap tapi ia meyakini tahun ini kondisi ekonomi Indonesia tetap stabil. Tapi juga tetap harus waspada dengan ketidakpastian kondisi geopolitik.

“IWAPI sangat diperlukan peran aktifnya dalam pemberdayaan ekonomi perempuan di Indonesia dan Asia Tenggara. Sekaligus motivator dan pelaku dalam pertumbuhan ekonomi tidak hanya di Indonesia tapi juga di ASEAN. Beban ini tidak ringan tapi cukup mulia, demi kekutan ekonomi Indonesia dan ASEAN, serta terciptanya generasi penerus bangsa yang kompeten,” katanya.

Tema HUT IWAPI ke-48 kali ini adalah ‘Peran Penting IWAPI di Usia ke-48 Tahun dalam Mensukseskan Ketahanan dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023’. Peringatan HUT IWAPI kali ini juga diisi dengan fashion show UKM Batik dan Tenun Jatim serta pameran berbagai produk unggulan Jatim, lomba memasak, dan karaoke. (hjr) 

 

 

 

 

#Jawa Timur #gubernur khofifah #IWAPI Jatim #DPD IWAPI Jatim