Minggu, 19 Mei 2024

Dosen ISTTS Paparkan Multimedia dengan Generative AI pada Pengembang Aplikasi di Jatim

Diunggah pada : 4 Mei 2024 19:40:54 28
Dosen ISTTS, Esther Irawati Setiawan saat menjadi pembicara dalam kegiatan seminar bertajuk ‘Build With AI’ yang digelar oleh ISTTS berkolaborasi dengan Google Developer Group Surabaya di West Kampus Institut STTS, Sabtu (4/5/2024). Foto : Dok. Humas ISTTS

Jatim Newsroom – Dosen Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) yang juga merupakan seorang Google Developer Expert untuk Machine Learning, Esther Irawati Setiawan berkesempatan menjadi pembicara dalam kegiatan seminar bertajuk ‘Build With AI’ yang digelar oleh ISTTS berkolaborasi dengan Google Developer Group Surabaya di West Kampus Institut STTS, Sabtu (4/5/2024). Adapun materi yang Ia paparkan ialah terkait produksi multimedia dengan menggunakan teknologi generative AI kepada para Professional Developer atau pengembang aplikasi profesional di Jawa Timur.

Saat ditemui di sela-sela kegiatan, Esther menjelaskan, materi paparannya berjudul ‘Multimedia Use Case using Gemini’. Gemini sendiri merupakan model teknologi berbasis generative AI terbaru dari Google yang dikembangkan saat ini. 

“Jadi kita bisa menggunakan AI ini tidak hanya Chat Bot, yang selama ini kita tahu kan Chat Bot pakai teks. Tapi sekarang sudah mulai bisa pakai image atau gambar kan. Nah, bahkan sekarang bisa pakai video. Jadi misalkan ada video kita bingung bikin caption-nya nah itu kita bisa pakai AI,” jelas Esther. 

“Misalkan kita pakai aplikasi untuk sales canvasing, dari aplikasi ini kan bisa mencari, karena biasanya para sales itu mendokumentasikan sudah kunjungan kemana saja. Dengan video itu kita bisa otomatis crosscheck memang sudah berkunjung ke mana kita bisa tanyakan ke AI terus AI bisa menunjukkan lokasi itu apakah memang benar dimana lokasi dari videonya,” sambung Esther yang diketahui juga merupakan seorang Associate Professor di ISTTS tersebut. 

Menurut Esther, perkembangan AI tahun ini memang sangat pesat. Oleh karena itu, kepada para peserta yang merupakan para Professional Developer di Jawa Timur, Esther berharap supaya ada kreasi-kreasi baru dengan menggunakan teknologi generartive AI. 

“Setelah kegiatan ini, kita akan follow up para peserta, kita akan menunggu karya-karya mereka. Terus kita kan ada IO Extended nanti event selanjutnya pada bulan Juli. Kita nanti akan kontak mereka supaya bisa showcase karya AI yang hasil setelah kegiatan pada hari ini. Semoga nanti ada karya-karya untuk memperkaya aplikasi dan environment server development di Surabaya khususnya,” ungkap Esther. 

Dengan adanya kegiatan seminar ini, Esther menuturkan, semoga dapat mendukung pengembangan AI di Surabaya dan Jawa Timur supaya lebih banyak digunakan AI-nya. “Kita intinya mendukung developer untuk tahu apa saja potensi AI yang bisa mereka gunakan, serta memberi wawasan yang harapannya jadi sesuatu yang bisa ditunjukkan di event kita yang selanjutnya,” pungkas Esther. (vin/ )

#iSTTS #AI #Artificial Intelligence #Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya #Google Developer Group