Sabtu, 27 April 2024

Dorong PKK Makin Berdaya, Tunjungsekar Gelar Pelatihan Keterampilan Ecoprint

Diunggah pada : 30 Agustus 2022 8:55:19 69
Pelatihan ecoprint bagi ibu-ibu PKK di Gedung Serbaguna Kelurahan Tunjungsekar, Senin (29/8/2022). Foto : Yulian Eka H

Jatim Newsroom - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Kelurahan Tunjungsekar menggelar pelatihan ecoprint bagi ibu-ibu PKK di Gedung Serbaguna Kelurahan Tunjungsekar, Senin (29/8/2022).

Sekretaris Lurah Kelurahan Tunjungsekar, Endy Sri Hartanto dalam sambutannya saat membuka pelatihan tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan ibu-ibu PKK dalam membuat ecoprint.

“Pelatihan ini diperuntukkan bagi ibu-ibu PKK yang ada di wilayah Kelurahan Tunjungsekar. Karena peran PKK ke depan diharapkan dapat memiliki keterampilan lebih untuk meningkatkan perekonomian yang ada di daerah,” jelas Endy.

Lebih lanjut ia menjelaskan, oleh karena hal tersebut Pemkot Malang melalui Kelurahan Tunjungsekar mengadakan program pelatihan seperti yang diadakan saat ini, sosialisasi, bimbingan teknis serta kegiatan sejenisnya. Dengan harapan ke depan PKK akan memiliki tambahan keterampilan yaitu pembuatan ecoprint.

“Oleh karenanya, saya berharap kegiatan ini hendaknya dapat diikuti dengan sebaik-baiknya. Guna menambah pengetahuan, wawasan dan meningkatkan kemampuan. Selain itu juga memberikan kontribusi bagi pelaksanaan program dan kegiatan kerja di wilayah Kelurahan Tunjungsekar,” tambahnya.

Pelatihan ecoprint menjadi salah satu upaya untuk pemulihan ekonomi. Namun juga ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alami. Ibu-ibu PKK yang mengikuti pelatihan mendapatkan materi tentang cara pembuatan, serta berbagai metode ecoprint dengan menggunakan daun-daun dan bunga yang ada di sekitar rumah seperti daun jati, sirih, jarak, pacar, kenikir dan lainnya.

Hal ini sejalan dengan arahan Wali Kota Malang, Sutiaji terkait komitmen Pemkot Malang dalam mendorong pemulihan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Yang juga tertuang dalam misi kedua yaitu mewujudkan kota produktif dan berdaya saing berbasis ekonomi kreatif keberlanjutan dan keterpaduan. (why/n)

#kominfo jatim #PKK #kota malang