Kamis, 6 Oktober 2022

Disnakertrans Jatim Seleksi Pemagangan ke Jepang

Diunggah pada : 5 Juli 2022 14:12:12 246
Kadisnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo, Foto Bersama dengan Calon Pemagang ke Jepang

Jatim Newsroom - Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur, menyeleksi calon peserta pemagangan ke jepang tahun 2022. Hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran.

"Saya ucapkan selamat kepada calon peserta program pemagangan ke Jepang yang sudah lolos seleksi administrasi," ujar Kadisnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, Selasa (5/7/2022).

Menurutnya, program pemagangan bukanlah program yang berorientasi pada upah, namun pemagangan adalah bagian dari sistem pendidikan dan pelatihan kerja.  Untuk itu, pemagangan ke luar negeri seperti ke Jepang harus diniati sebagai belajar. Peserta pemagangan harus menguasai sisi keilmuan maupun etos kerja dan produktivitasnya.

"Sesungguhnya pelatihan kerja dengan pola pemagangan luar negeri dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kemampuan SDM dengan standar kompetensi industri multinasional agar mampu bersaing di pasar kerja global," terang Himawan.

Oleh karenanya, ia berharap sekembalinya ke Indonesia, para peserta pemagangan tersebut bisa membuka usaha sendiri atau berwirausaha atau bekerja di perusahaan. Peserta magang juga diharapkan mampu menerapkan kebiasaan positif berupa etos kerja dan kompetensi yang tinggi sebagai kontribusi kepada perusahaan dimana dia bekerja, sebab produktivitas setiap tenaga kerja akan berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan

Dalam mendukung program pemagangan ke Jepang, Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya meningkatkan jumlah peserta serta mendorong dan mempersiapkan agar anak-anak muda ikut program pemagangan ke Jepang. ini karena peluang magang ke negeri sakura ini menjadi momentum yang baik bagi pencari kerja untuk meningkatkan kompetensinya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga tidak lepas dari kesiapan lembaga pelatihan kerja swasta (LPKS)  magang Jepang yang ada di kab/kota yang telah mendidik siswanya baik fisik maupun bahasanya agar peserta lebih siap mengikuti seleksi.

Program magang ke Jepang ini sudah dilaksanakan mulai tahun 1996 hingga sekarang. Namun pada tahun 2020 sempat vacum karena adanya pandemi covid-19. Sedangkan tahun 2022 sudah dibuka kembali, dan untuk Jatim langsung dibuka pendaftaran mulai bulan April - 30 Juni 2022.

Tercatat yang mendaftar sebanyak 571 orang dengan perincian 462 orang (laki-laki) dengan job manufaktur, pertanian, peternakan, konstruksi, dll dan 109 orang (perempuan) dengan job caregiver (asisten perawat). Sedangkan proses seleksi dilaksanakan mulai tanggal 4 - 8 juli 2022 bertempat di aula UPT-BLK Surabaya. (her/s)

#disnakertrans