Sabtu, 3 Desember 2022

Disnakertrans Jatim Lakukan Soft Launching Unit Layanan Disabilitas Ketenagakerjaan

Diunggah pada : 31 Mei 2022 16:33:41 152
Kadisnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo foto saat meninjau pelayanan Disabilitas

Jatim Newsroom - Disnakertrans Jatim melakukan Soft Launching Unit Layanan Disabilitas Ketenagakerjaan sekaligus melakukan pendatangan MOU antara Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya Dengan Disnakertrans Jatim, Selasa (31/5/2022).

Kadisnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, mengucapkan terima kasih atas dukungan  seluruh stake holder sehingga kegiatan ini dapat berlangsung. Menurutnya, hal ini merupakan bentuk peningkatan dan pemenuhan hak pelayanan publik Disnakertrans Jatim.

"Sebagaimana kita ketahui bersama berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk terbiasa  beradaptasi dengan kebiasaan yang menuntut  kebutuhan syarat kerja baru," ujarnya.

Ia menjelaskan, layanan penempatan tenaga kerja menjadi bersifat mutlak dan wajib hukumnya dengan satu pengertian tidak boleh berhenti karena adanya pandemi maupun keterbatasan fisik lainnya. Diperlukan upaya bagaimana menyikapi dan mencari alternatif model penempatan yang sesuai dengan konteks kebutuhan era adaptasi kebiasaan baru, konteks kebutuhan dan tuntutan dari revolusi 4.0, serta dukungan pada tenaga kerja disabilitas.

Untuk itu, kata Himawan Estu Bagijo, dalam rangka percepatan penyelenggaraan unit layanan disabilitas bidang ketenagakerjaan  serta menindaklanjuti surat keputusan Gubernur  Provinsi Jatim : 188/191/kpts/013/2022 tentang Unit Layanan Disabilitas Ketenagakerjaan Provinsi Jatim, maka pada tahun 2022 ini, Disnakertarns Jatim mulai kembali memberikan informasi kepada pemerintah, pemerintah daerah, dan perusahaan swasta mengenai proses rekrutmen, penerimaan, pelatihan kerja, penempatan kerja, keberlanjutan kerja, dan pengembangan karier yang adil dan tanpa diskriminasi kepada penyandang disabilitas. Hal ini sesuai amanat UU 8 tahun 2016. 

"Melalui kegiatan ini diharapkan ada kerjasama bapak/ibu HRD perusahaan untuk dapat menyampaikan laporan lowongan dan penempatan kepada Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi Provinsi Jawa Timur," terangnya.

Career day yang diadakan Disnakertrans Jatim, diikuti 5 perusahaan di sektor industri pengolahan kabel otomotif, sepatu, peralatan rumah tangga, plastik dan pengepakan dengan jabatan operator, adminstrasi, sales dan quality control. Untuk lowongan difabel ada di industri kabel PT Surabaya autocomp, sedangkan PT wangta agung menyediakan jabatan operator produksi dengan kecatatan bisu tuli dan daksa.

Diacarakan juga MOU pembinaan bursa kerja dan pelatihan kerja dengan career center Univ Muhammadyah Surabaya.
Sebagaj informasi diacara career day, jumlah peminat dibatasi 45 orang pencari kerja. Sampai dengan saat ini kuota tersebut sudah terisi. Jika animo masih banyak ajan dibuka kuota tambahan.

"Semoga dengan diadakan career day dapat membantu penanganggur mendapat pekerjaan. Sedang dengan adanya ULD, disnakertrans jatim berupaya membantu mewujudkan ' pemenuhan hak dan kerja yang layak' bagi penyandang disabilitas di Jawa Timur," tuturnya. (her)

#disnakertrans