Sabtu, 3 Desember 2022

Disnakertrans Jatim Imbau Dunia Usaha Komitmen Beri Kesempatan Kerja Disabilitas

Diunggah pada : 18 Mei 2022 15:41:15 67
Pembukaan Pelatihan Bagi Tenaga Disabiltas di BLK Surabaya

Jatim Newsroom - Salah satu persoalan yang menjadi perhatian pemerintah adalah pemenuhan hak bagi tenaga kerja disabilitas. Oleh karena itu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Provinsi jawa Timur beraharap semua pihak, khususnya dunia usaha, berkomitmen untuk memberikan akses dan kesempatan kerja bagi disabilitas.

"Kita juga harus terus meningkatkan kesadaran bahwa isu hak penyandang disabilitas merupakan isu lintas sektor yang penanganannya memerlukan kerjasama dan kolaborasi antar pemangku kepentingan baik pemerintah maupun swasta, baik di pusat maupun di daerah," ujar Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Jatim, Sunarya, mewakili Kadisnakertrans Jatim saat membuka pelatihan di BLK Surabaya, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, pemerintah terus berupaya meningkatkan kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, membangun infrastruktur yang makin akomodatif untuk menciptakan lingkungan yang aksesibel bagi disabilitas, sehingga memungkinkan mereka mengakses pendidikan, kesehatan dan pekerjaan.

Lebih lanjut dikatakannya, isu disabilitas kini telah menjadi isu yang terus dikedepankan dalam tata kehidupan bernegara dalam seluruh forum kerjasama regional maupun internasional, seperti, PBB, G-20, Asia Pacific, maupun Asean.

Dengan terbitnya surat edaran menteri dalam negeri nomor 461/217/SJ, kepada Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia tentang pelaksanaan layanan disabilitas bidang ketenagakerjaan melalui Dinas Ketenagakerjaan di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Untuk menghadapi isu tersebut dalam hal pelatihan kerja pun harus ada kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas dalam mengikuti pelatihan kerja, sehingga para disabilitas dapat meningkatkan kemampuan keterampilan dan produktivitasnya. Dengan demikian bisa mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh kesempatan kerja.

Sebagai informasi, UPT Balai Latihan Kerja Surabaya merupakan unit pelaksana teknis bidang pelatihan yang melaksanakan vocational training untuk menjawab tantangan yang ada. melalui program link and match antara dunia pelatihan dengan kebutuhan industri. Hal ini untuk memastikan agar kompetensi yang dimiliki SDM Jawa Timur sudah sesuai dengan kebutuhan industri berbasis teknologi digital, seperti halnya revolusi industri 4.0. UPT BLK Surabaya telah membuka akses untuk pendaftar dari disabilitas dengan bekerjasama dengan usaid. (her/s)

#disnakertrans #kadis, kominfo, pemprovjatim, jatim, dprd, madiun