Sabtu, 4 Mei 2024

Kali Pertama, Diskominfo Jatim Gelar Webinar Bedah Ruang Siber #1

Diunggah pada : 6 Desember 2023 23:53:32 56
Kadiskominfo Jatim, Sherlita, membuka Webinar Bedah Ruang Siber #1. Foto: Ghufron JNR

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur mengadakan seminar online (webinar) bertajuk Bedah Ruang Siber seri pertama atau disebut Beruang#1, Rabu (6/12/2023). Melalui kegiatan ini, Diskominfo Jatim ingin mengajak masyarakat termasuk perangkat daerah untuk belajar bersama bagaimana melindungi diri dari serangan siber dalam ruang digital.

“Kami mencoba membuat Webinar Beruang Siber 1 atau bedah ruang siber seri pertama, alhamdulillah ini masukan dan ide dari teman-teman semua termasuk organisasi perangkat daerah (OPD) untuk belajar bareng yang lebih santai tapi ilmunya dapet. Nanti kita sama-sama belajar dan sharing bagaimana penanganan siber, gangguan atau bentuk antisipasi yang sudah dilakukan oleh teman-teman di lingkungan Provinsi Jawa Timur,” ujar Kadis Kominfo.

Dijelaskan Sherlita, serangan siber di data center Jatim yang dikelola oleh Kominfo Jatim tercatat sampai hari senin (04/12/2023) kemarin sebanyak 2.521.489 serangan yang berhasil ditangkal, sedangkan malware nya 18.174, tetapi yang sudah kejadian tercatat ada 221 insiden.

Dinas Kominfo saat ini juga sedang Menyusun Pergub atas kebutuhan manajemen keamanan informasi, jadi sampai saat ini secara umum kemanan siber yang ada di pemerintah provinsi jawa Timur ditangani dan dipantau oleh dinas Kominfo Jatim.

Kami berharap kedepannya, teman-teman yang berada di OPD memiliki kepedulian nanti kita sama-sama menjaga. Saat ini kami sedang mencoba aplikasi yang baru diterapkan, nanti insyaallah dalam waktu dekat coba kami pasang di masing-masing perangkat daerah (PD), sehingga ketika di PD A ada serangan, Kominfo bisa tahu dan ini akan terhubung,” terangnya.

Menurutnya, dalam waktu dekat akan ada 25 PD yang akan ditentukan PD yang aktifitasnya tinggi. “Sebagai contoh,  tiap bulan 40.000 ASN ini bikin SKP, berarti PD yang terkait dengan SKP dan E-master yaitu BKD masuk ke salah satu dari 25 PD yang akan kami pasang, sebagai bentuk dari bagaimana kemudian keamanan dari ruang siber ini bisa menjadi tanggung jawab bersama,” ujarnya

Kami juga berharap kegiatan webinar Beruang Siber 1 ini menjadi cikal bakal dari diskusi Bersama, kepedulian Bersama dan bagaimana kita mengambil langkah action plan terhadap kemanan ruang siber di Jawa Timur,” imbuhnya.

Sebagai infromasi, Beruang siber adalah program yang menghadirkan wawasan yang mendalam tentang seluk beluk dunia siber. Tujuannya, yaitu sebagai sarana komunikasi dan peningkatan awareness dan pemahaman bagi Publik serta ASN mengenai pemanfaatan teknologi siber. Adapun pembicara Beruang#1 terdapat 3 orang yang dibagi 2 part, yaitu Santika Kusnul Hakim, Dosen Teknik Informatika ITS, Dr Baskoro Adi Putranto, dan Praktisi Cyber Securyti Belly Rachdianto.(red)

#kadis, kominfo, pemprovjatim, jatim, dprd, madiun