Selasa, 7 Mei 2024

Disnakertrans Jatim Gelar Bimtek Training Needs Analysis

Diunggah pada : 8 Juni 2022 21:18:23 130
Kadisnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo (baju batik) foto bersama dengan peserta Bimtek TNA, Rabu (8/6/2022) petang

Jatim Newsroom - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Prov Jatim  menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Training Needs Analysys (TNA) bagi instruktur dan tenaga kepelatihan di UPT BLK Disnakertrans Jatim.

Kadisnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, saat membuka Bimtek TNA, Rabu (8/6/2022) petang,  mengatakan, bimbingan TNA ini sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas instruktur di UPT BLK agar profesional dan berkompeten. Bimtek ini juga untuk mengetahui kebutuhan pelatihan ke depan sesuai dengan perkembangan.

Adapun manfaat dari pelatihan TNA adalah peserta mampu memahami konsep TNA, memetakan kebutuhan pelatihan secara tepat dan akurat, melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan secara makro, mikro dan individu, serta mampu membuat program pelatihan sesuai kebutuhan dunia kerja.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Jatim, Sunarya, menyampaikan, program pelatihan TNA juga bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada peserta dalam merancang kebutuhan pelatihan dengan efektif, seperti cara mengukur dan mengevaluasi keberhasilan dari suatu program training.

"Sebagaimana kita ketahui, permasalahan ketenagakerjaan yang paling utama adalah tidak seimbangnya antara supply dan demand, sehingga pengangguran terus bertambah seiringnya bertambahnya angkatan kerja lulusan sekolah menengah dan perguruan tinggi dan inilah yang perlu kita carikan solusi," kata Sunarya.

Menurutnya, dengan pelatihan berbasis kompetensi baik melalui skilling, upskilling dan reskilling akan menjadi salah satu upaya untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi pekerjaan.(her/s)

#disnakertrans