Senin, 6 Mei 2024

Disnakertrans Beri Pelatihan dan Sertifikasi PTTPK

Diunggah pada : 8 Juni 2022 15:59:02 144
Disnakertrans selenggarakan Pelatihan Dan Sertifikasi PTT PK dan OS

Jatim Newsroom- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi bagi Pegawai Tidak Tetap dengan Perjanjian Kerja (PTT-PK) dan Pegawai Outsourcing (OS) di lingkungannya.

Kadisnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, menyampaikan bahwa, kegiatan ini mengacu akan kebijakan Presiden RI, Joko Widodo, yang mencanangkan core values ASN melalui penguatan budaya kerja yang harus dilakukan oleh ASN di tingkat pusat maupun daerah.

Core values ASN berakhlak antara lain meliputi berorientasi pelayanan memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif dan dapat diandalkan melakukan perbaikan tiada henti

Akuntabel dalam artian mampu melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi. Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien. 

Selain itu juga kompeten. Artinya mampu meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, Membantu orang lain belajar. Harmonis, yaitu mampu menghargai setiap orang apapun latar belakangnya. Suka menolong orang lain. Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Juga loyal yakni mampu memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah. Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan Negara

Di samping itu juga adaptif, Yaitu cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas. Bertindak proaktif. Begitu juga kolaboratif, dengan memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi. Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama   .

Lebih lanjut Himawan Estu Bagijo menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu cara Disnakertrans Prov Jatim untuk menciptakan Pegawai yang berkompeten, berkualitas, profesional guna terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance), sehingga konsep ASN berAKHLAK dapat tercapai, sebagaimana jargon Disnakertrans Prov Jatim tentang Kerja Ikhlas Profesional (KIP).

"Saya berharap dengan pelatihan ini peserta dapat meningkatkan kompetensi diri sehingga mempunyai kemampuan dalam bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara yang memberikan pelayanan kepada sesame pegawai dan masyarakat secara professional. Kegiatan ini saya harapkan menjadi nilai jual saudara (kompetensi dasar) sebagai salah satu persyaratan seleksi menjadi PNS atau Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kinerja," tuturnya.

Himawan juga berharap pelatihan dan pensertifikasian ini tidak hanya dilakukan untuk Pegawai PTT-PK dan Pegawai OS di Wilayah Surabaya, tetapi juga untuk Pegawai PTT PK dan Pegawai OS di luar Wilayah Surabaya. Masing-masing Unit Kerja mulai sekarang harus berusaha meningkatkan kompetensi masing- masing pegawai baik PNS, PPPK, PTT-PK dan OS, sehingga dapat meningkatkan profesionalitas pegawai yang nantinya dapat meningkatkan IP-ASN dan SAKIP Disnakertrans Prov Jatim secara keseluruhan. (her/s)

#disnakertrans