Sabtu, 2 Maret 2024

Diskop UKM Jatim Adakan Kegiatan Jambore OPOP Jawa Timur Tahun 2023

Diunggah pada : 30 November 2023 2:11:28 47
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur (Kadiskop UKM Jatim), Andromeda Qomariah saat memberikan sambutannya pada kegiatan Jambore OPOP Jawa Timur Tahun 2023, di Gor Untung Suropati, Kota Pasuruan, Rabu (29/11/2023). Foto : Rafly / JNR

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM Jatim) mengadakan kegiatan Jambore OPOP Jatim Tahun 2023 di Gor Untung Suropati, Kota Pasuruan, Rabu (29/11/2023) malam. 

Jambore OPOP bertajuk 'Unjuk Potensi, Raih Prestasi' ini, bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada peserta OPOP melalui benchmarking dan bestpractice sehingga dapat meningkatkan fungsi pemberdayaan ekonomi melalui program Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pesantren-(EKO-Tren) OPOP Jawa Timur. 

Terdapat stan-stan bazar Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) peserta OPOP, yang menunjukkan produk-produk unggulannya dalam kegiatan Jambore OPOP Jawa Timur Tahun 2023 ini. Selain itu, ada pula pasar murah yang menjual sembako dengan harga terjangkau bagi pengunjung dan warga setempat. 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timir (Kadiskop UKM Jatim), Andromeda Qomariah, mengatakan, maksud diadakannya Jambore OPOP Tahun 2023 ini, adalah untuk sharing keberhasilan pengembangan usaha pesantren, santri dan alumni pondok pesantren, serta sebagai arena untuk mengembangkan kemandirian pesantren melalui peningkatan kompetisi pesantren serta show off produk-produk OPOP. 

"Selain itu, melalui momen ini peserta OPOP dapat memperkenalkan produk unggulan pesantren kepada khalayak umum. Serta meningkatkan pengetahuannya dalam bidang kewirausahaan yang dirancang bagi santri, pondok pesantren, dan alumni pondok pesantren berlandaskan koperasi sebagai dasar hukum pengelolaannya," jelas Andromeda. 

Lebih lanjut, Andromeda mengungkapkan, OPOP Jawa Timur saat ini berkembang pesat, saat ini telah tercatat 1.000 produk unggulan pondok pesantren sejak pertama kali didirikan pada tahun 2019. 

"Alhamdulillah, berkat upaya yang telah dilakukan Ibu Gubernur, saat ini terdapat 361.243 lebih santri yang telah mendapatkan fasilitas program OPOP untuk menjadi entrepreneur. Serta terdapat 1.000 alumni pesantren yang telah mengembangkan usahanya," ungkapnya.

Dengan banyaknya perkembangan OPOP Jawa Timur tersebut, Andromeda menilai, pesantren tidak hanya mencetak para kader yang memiliki pengetahuan agama tetapi turut mengembangkan perekonomian masyarakat berbasis pesantren.

Dalam kegiatan Jambore OPOP Tahun 2023 ini, Andromeda menerangkan, Diskop UKM berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan. 

"Pada hari ini juga, Rabu 29 November 2023 tadi pagi telah dikukuhkan Tim Penguatan dan Pengembangan OPOP Kota Pasuruan. Tim OPOP Kota Pasuruan ini merupakan tim OPOP tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang ke-15 telah dikukuhkan," terang Andromeda. 

Andromeda berharap, kegiatan Jambore OPOP Jatim Tahun 2023 ini dapat memberokan manfaat serta keberkehan bagi pesantren. "Khususnya bagi kemandirian pesantren, sehingga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," pungkasnya. 

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan Jambore OPOP Jatim Tahun 2023 ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, Kepala Diskop UKM Jatim Andromeda Qomariah, Kepala Disperindag Jatim Iwan S.Hut, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) OPOP Jatim Mohammad Ghofirin. (vin/s)

#Diskop UKM Jatim #Kemenkumham #OPOP #OPOP Jatim #Jambore OPOP #Kadiskop