Kamis, 18 Juli 2024

Dinsos Jatim Luncurkan ENAK TOP, Inovasi Edukasi Anak Terpadu

Diunggah pada : 4 Januari 2024 20:57:35 81
Peluncuran inovasi Edukasi Anak Terpadu dalam rangka Optimalisasi di UPT (ENAK TOP) pada UPT Klaster Anak. Kegiatan berlangsung di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak (PPSAA) Nganjuk, Kamis (4/1/2024) malam

Jatim Newsroom - Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur (Dinsos Jatim) meluncurkan inovasi Edukasi Anak Terpadu dalam rangka Optimalisasi di UPT atau disingkat ENAK TOP, pada UPT yang menangani Klaster Anak. Kegiatan berlangsung di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak (PPSAA) Nganjuk, Kamis (4/1/2024) malam. 

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, mengapresiasi bentuk inovasi yang kolaboratif ini. "Terima kasih. Teman-teman yang bertugas di sini surga dan ladang amalnya luar biasa," ujarnya. 

Sekda Adhy pun menyatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjamin layanan sosial kesejahteraan anak. Pasalnya, tidak semua anak-anak memiliki tumbuh kembang secara normal, misal karena persoalan konflik, perceraian, dan masalah-masalah sosial lainnya. Ada juga karena perkembangan cyber yang begitu pesat sehingga anak-anak terjerumus kepada konten-konten pornografi, ketagihan gadget, dan lain-lain. 

"Jadi anak-anakku, jangan khawatir yang tidak mendapatkan kebutuhan yang cukup dari sisi jasmani, rohani, sosial, dan mental. Hak-hak kalian tetap harus terpenuhi, baik pendidikan, asuhan orang tua, dan lain-lain," tuturnya. 

Di penghujung sambutannya, Sekda Adhy juga mengajak seluruh anak-anak yang hadir untuk terus optimistis. 

"Saya berpesan jangan minder. Kalian dilindungi undang-undang. Tetap semangat, tetap optimis bahwa ini sebuah perjalanan. Percayalah bahwa perjuangan yang susah ini kelak akan terjadi sesuatu yang ajaib dan membuat kalian jadi orang-orang yang berhasil," katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinsos Jatim, Restu Novi Widiani melaporkan ENAK TOP ini akan bergerak di UPT lainnya yang memiliki binaan anak. 

"Kita ingin UPT PPSAA ini tidak hanya menyekolahkan, kemudian memberi makan minum sehari-hari, tetapi juga menyiapkan bagi anak-anak lulusannya nanti apabila tidak bisa kuliah, jika tidak mampu secara ekonomi kita bisa bukakan jejaring dengan pengusaha. Kalau tidak bisa ke perguruan tinggi, mereka bisa memperoleh keterampilan lainnya," harapnya. 

Sinergi dan kolaborasi antar perangkat daerah di Pemprov Jatim juga akan terus dikuatkan. Kadinsos Jatim menerangkan, nanti akan ada pembinaan seperti kesenian yang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim. Kemudian di bidang olahraga juga akan bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Jatim untuk bersama-sama mencetak olahragawan pelajar. 

"Kemudian pojok baca ini bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jatim. Impian kami setiap UPT punya lab bahasa dan komputer. Kami berharap edukasi ini bisa menyemangati kita, tidak bertumpu kepada anggaran tapi bisa berkolaborasi dengan dunia usaha dan pihak lainnya. Mudah-mudahan ENAK TOP bisa terus berkembang," pungkasnya. (idc/s)

#anak-anak #Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur #ENAK TOP #sosial