Senin, 15 Juli 2024

Bupati Mojokerto Sosialisasikan Transisi Menyenangkan dari PAUD ke SD

Diunggah pada : 22 Agustus 2023 10:18:38 16
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, menyosialisasikan transisi PAUD ke SD bagi anak-anak dengan cara menyenangkan. Hal tersebut disosialisasikannya, saat Bupati Ikfina berkesempatan membuka dan menjadi pembicara atau narasumber pada agenda rapat pleno Tim Penggerak (TP) Pemeberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kabupaten Mojokerto di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) Kabupaten Mojokerto, Senin (21/8/2023). 

Rapat pleno tersebut, diikuti sedikitnya 150 peserta yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Pokja I hingga Pokja IV TP PKK tingkat Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto. Pelaksanaan rapat pleno tersebut, juga turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo, dan Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto, Shofiya Hanak Al Barra.

Bupati Ikfina melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, pada Selasa (22/8/2023) menyampaikan, sebagai TP PKK  tingkat Kecamatan harus bisa menyosialisasikan kepada seluruh TP PKK tingkat desa terkait transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Karena hal tersebut merupakan bagian dari merdeka belajar bagi anak.

"Intinya adalah terkait dengan transisi PAUD ke SD menyenangkan ini, bagaimana kita sama-sama memberikan makna yang menyenangkan terhadap proses belajar kepada anak-anak kita yang sedang berada di fase awal mengenal apa itu belajar di PAUD kemudian SD awal. Hal ini adalah dimana anak kita sedang dalam proses mengenal apa itu belajar," jelasnya. 

Lebih lanjut, terkait transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, Bupati Ikfina juga menerangkan, betapa pentingnya mencapai memori yang baik bagi anak. Untuk mencapai memori anak yang baik tersebut, dapat diraih dengan belajar suatu hal yang menyenangkan. Selain itu juga, dengan bukan menjadikan kegiatan belajar menjadi suatu hal yang sulit, melelahkan, penuh ancaman, dan penuh tekanan terhadap anak.

"Kita tidak boleh memaksa anak-anak untuk bisa melakukan sesuatu yang belum waktunya mereka untuk melakukannya," ujar Bupati Ikfina.

Dalam menerapkan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto tersebut mengatakan, satuan pendidik juga perlu menghilangkan tes calistung, menerapkan masa pengenalan, dan menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak.

"Fokusnya di enam kemampuan fondasi anak ini harus kita siapkan, kalau pondasinya bagus, maka selanjutnya akan bagus semuanya," kata Bupati Ikfina. 

Selanjutnya, Bupati Ikfina pun berpesan, agar TP PKK tingkat Kecamatan bisa menyampaikan hal ini di setiap kegiatan pleno yang ada di desa maupun di kelurahan. Sehingga kedepannya, TP PKK tingkat desa bisa menyampaikan kepada seluruh masyarakat terkait transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

"Karena kita berupaya agar seluruh anak Indonesia semuanya betul bisa melewati masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, dan kemudian mereka semuanya bisa menjadi SDM yang senang belajar cinta belajar dan nanti akan membuat mereka bisa membawa kemajuan untuk bangsa dan negara kita," pungkasnya. 

Diketahui, selain menyosialisasikan terkait transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bagi anak-anak, Bupati Ikfina juga menyampaikan terkait betapa pentingnya air bersih bagi rumah tangga . (vin/s) 

#Bupati Mojokerto #anak-anak #Kabupaten Mojokerto #TP PKK #Pemkab Mojokerto #Rapat Pleno #PAUD