Senin, 28 November 2022

Dinsos dan DP3AK Jatim Beri Pelatihan Pekerja Sosial

Diunggah pada : 12 Juli 2022 21:04:13 101
Restu Novi Widiani, selaku Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jatim yang juga Kepala DP3AK Jatim foto bersama dengan peserta

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK), terus membangun integritas untuk para staf-nya. Terlebih untuk Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat (TKSM)/ Pegawai Tidak Tetap (PTT). Hal itu dilakukan melalui kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) Pelatihan Dasar Pekerja Sosial (PDPS) Angkatan II, yang dilaksanakan pada Senin (12/7/2022).

Kegiatan ini serentak dilaksanakan di empat lokasi yang berbeda, diantaranya Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (PRS) Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan dan Perlindungan Sosial Asuhan Balita (PPSAB) Sidoarjo, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pelayanan Sosial Tresna Werdha (PSTW) Jombang dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rehabilitasi Sosial Bina Laras (RSBL) Pasuruan. 

Secara simbolik pembukaan PBL PDPS Angkatan II ini berlangsung di Balai PRS PMKS Sidoarjo yang di buka langsung oleh  Restu Novi Widiani, selaku Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jatim yang juga Kepala DP3AK Jatim. Tidak hanya itu, turut hadir widyaiswara dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta.

Para peserta yang berjumlah 152 orang ini pada tanggal 20 Juni - 13 Juli 2022 lalu mendapatkan pengajaran untuk materi khusus Pekerja Sosial oleh widyaiswara BBPPKS Yogyakarta. Mereka harus melalui serangkaian tes, tugas individu hingga kelompok yang mempunyai bobot nilai yang sudah ditentukan. Diharapkan semua peserta nantinya akan lulus dengan nilai sesuai harapan dan bisa segera mengaplikasikan pelatihan Pekerja Sosial ini untuk menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di wilayah Jawa Timur.

"PDPS ini luar biasa, kami mengkolaborasikan tenaga atau pegawai kontrak di Dinsos Jatim dan DP3AK Jatim untuk sama-sama belajar dasar-dasar profesi Pekerjaan Sosial. Hal ini sangat penting nanti di ketika praktek langsung di lapangan, kami bisa berkolaborasi untuk menuntaskan permasalahan sosial di Jawa Timur," ujar Restu Novi Widiani, 

Sebelumnya PDPS Angkatan I juga telah sukses terselenggara pada 13 Mei - 17 Juni 2022, dengan total 323 peserta yang hanya melibatkan TKSM dan PTT Dinsos Jatim dan UPT saja. (Her/s)

#dinsos