Sabtu, 18 Mei 2024

Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim Gelar Kegiatan Peringatan Hari Ikan Nasional ke-10

Diunggah pada : 11 Desember 2023 15:14:18 59
Kegiatan Peringatan Hari Ikan Nasional ke-10, bertajuk 'Ikan untuk Generasi Emas, Jatim Bangkit Terus Melaju' di Dyandra Convention Center, Surabaya, Senin (11/12/2023). Foto : Ryanda / JNR

Jatim Newsroom – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur (DKP Jatim) mengadakan sederet kegiatan untuk memperingati Hari Ikan Nasional ke-10, dengan tema ‘Ikan untuk Generasi Emas, Jatim Bangkit Terus Melaju’, di Gedung Dyandra Convention Centre, Surabaya, Senin (11/12/2023). 

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Provinsi Jawa Timur (Forikan Jatim) Arumi Bachsin Emil Dardak, dan diikuti oleh seluruh Ketua Forikan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Kepala OPD terkait lingkup Pemprov Jatim, Kepala DKP Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, para akademisi, dan pengurus tim penggerak PKK. Turut hadir dalam kegiatan, Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Heru Pramono sebagai pembicara, dan Chef Billy Kalangi yang melakukan demo masak berbahan baku ikan. 

Dalam sambutannya, Sekretaris DKP Jatim, Evy Afianasari, menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan peringatan Hari Ikan Nasional ke-10 ini ada tiga. Yakni, pertama, sebagai sarana promosi potensi kelauatan dan perikanan Jawa Timur. Kedua, untuk mendukung indikator peningkatan konsumsi ikan Jawa Timur. Dan ketiga, untuk memberikan pemahaman pentingnya konsumsi ikan untuk mewujudkan generasi emas. 

“Tema kegiatan peringatan Hari Ikan Nasional ke -10 tahun 2023 kali ini, adalah ikan untuk generasi emas yang bertujuan untuk mewujudkan generasi yang sehat dan kuat untuk Indonesia emas 2045,” kata Evy. 

Adapun beberapa kegiatan yang diselenggarakan untuk peringatan Hari Ikan Nasional ini, Evy menyebutkan, penyerahan penghargaan kepada Ketua Forikan Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan DKP Kabupaten / Kota di Jawa Timur atas peran aktifnya terhadap Hari Ikan Nasional. 

“Penyampaian materi dengan tema 'peran serta Ibu dalam mendukung peningkatan konsumsi ikan untuk generasi emas', demo masak berbahan baku ikan bersama ibu ketua Forikan, serta gelar produk kelauatan dan perikanan bersama UKM Binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur,” sebut Evy. 

Evy menuturkan, para UKM binaan DKP Jatim ini terus berkembang dan terus maju di bidang usahanya, hal tersebut karena berkat dukungan dari Ketua Forikan Provinsi Jawa Timur maupun Kabupaten/Kota di Jawa Timur. “Untuk itu, atas nama seluruh UMKM yang berusaha di bidang kelautan dan perikanan, kami menghaturkan terima kasih dan apresiasi setinggi -tingginya kepada Ibu -Ibu hebat ini semua,” tuturnya. 

Sebagai informasi, dalam kegiatan ini Kota Madiun menerima penghargaan atas upaya peningkatan konsumsi ikan dengan anka konsumsi ikan sebesar 42,58 kilogram per kapita per tahun.

Sedangkan, Forikan Kabupaten/Kota di Jawa Timur penerima penghargaan Pemprov Jatim atas peran aktifnya pada Peringatan Hari Ikan Nasional ke-10 ini ialah, Kabupaten Bondowoso, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Sampang, Kota Malang, Kota Kediri, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Malang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Nganjuk, Kota Probolinggo, Kabupaten Pamekasan, Kota Madiun, Kota Batu, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Mojokerto. (vin/s) 

#pemprov jatim #Hari Ikan Nasional #DKP Jatim #Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur