Jumat, 20 September 2024

PON XXI ACEH-SUMUT 2024

Diananda Masuk Final Panahan di Dua Nomor Beregu

Diunggah pada : 14 September 2024 7:40:49 90
Atlet Panahan Jatim, Diananda Choirunisa memastikan satu tiket ke final nomor recurve putri dan final recurve beregu putri serta recurve beregu campuran pada Jumat (13/9/2024). Foto: ANTARA

Jatim Newsroom - Tim panahan Jawa Timur telah memastikan tiga nomor melaju ke babak final PON XXI Aceh-Sumut 2024. Setelah Diananda Choirunisa memastikan satu tiket ke final nomor recurve putri pada Rabu (11/9/2024), dan dia juga berhasil masuk ke final recurve beregu putri dan recurve beregu campuran pada Jumat (13/9/2024).

Di nomor recurve beregu putri, Jatim tidak menemui kendala berarti. Mendapat bye di babak perempat final, trio pemanah putri Jatim yakni Diananda, Ayu Mareta Dyasari dan Putri Karina Rachmayanti berhasil menaklukkan DI Jogjakarta 6-0 di venue panahan komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Sementara di nomor recurve beregu campuran, Diananda yang berpasangan dengan Riau Ega Agatha sempat mendapat perlawanan sengit di babak perempat final. Menghadapi pasangan Bali, Mirsa Veronica Sandy/RM Gusti Fazli mereka menang tipis 5-4 (20-19). Diananda/Riau Ega kemudian memastikan diri melaju ke final setelah menang 5-1 atas pasangan Kalimantan Tengah Linda Lestari/Alek Edwar. Menurut Diananda, hasil itu masih sesuai ekspektasi. “Karena target saya di PON ini tiga medali emas, dan alhamdulillah tiga nomor itu masuk final,” kata Diananda.

Di antara seluruh peserta panahan di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Diananda muncul jadi atlet dengan pengalaman paling komplet. Bulan Agustus lalu dia baru saja mengikuti Olimpiade Paris 2024. Sosok yang akrab disapa Anis itu bahkan nyaris melaju hingga babak semifinal Olimpiade sebelum dikalahkan atlet tuan rumah Lisa Barbelin.

Meski terbiasa tampil di level internasional, Diananda merasa ada satu tekanan tersendiri tampil di PON. Yakni, adanya tuntutan harus menang. “Kalau menang biasa, kalau kalah malu. Jadi lebih ada pressure sebenarnya,” kata Diananda.

Selanjutnya, Diananda akan kembali bertanding dalam final recurve individu putri pada Sabtu (14/9). Dia akan menghadapi rekannya sesama Pelatnas asal Jawa Barat, Syifa Nur Afifah Kamal. Lalu, atlet asal Surabaya itu akan menjalani dua kali laga final beregu pada Minggu (15/9/2024).

Di nomor recurve beregu putri dan recurve beregu campuran, Diananda dkk akan menghadapi lawan dari daerah yang sama, yakni Jawa Tengah.(red)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024