Minggu, 5 Mei 2024

Dekranasda Jatim 2023, Millenial Fashion Boothcamp hingga Buku Wastra

Diunggah pada : 13 November 2023 14:44:16 41
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak mengunjungi UKM Batik dalam Rapat Koordinasi Daerah Tahun 2023, di Surabaya, Senin (13/11/2023). Foto: Henry/JNR

Jatim Newsroom – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, memaparkan sejumlah program dan aktivitas yang telah dijalankan selama tahun 2023 dalam Rapat Koordinasi Daerah Tahun 2023, di Surabaya, Senin (13/11/2023). 

Salah satu yang digarisbawahi adalah Millenial Fashion Boothcamp 2023 di SMKN 3 Kota Malang pada akhir Juni 2023 lalu. Selama tiga hari pelaksanaan, kegiatan ini berhasil menjaring 60 orang siswa SMK hingga mahasiswa. 

“Jadi kita batasi usianya. Kita mencari mereka-mereka yang tidak berpengalaman. Jadi masih di awal sekali, baik yang masih dalam pendidikan ataupun yang punya interest di bidang fashion,” ujarnya di hadapan pengurus Dekranasda kabupaten/kota se-Jawa Timur yang hadir dalam rapat. 

Millenial Fashion Boothcamp 2023, kata Arumi, dilaksanakan secara intensif dengan menghadirkan mentor dari dosen di bidang fashion hingga pelaku fashion. 

“Dalam tiga hari itu harus ada karya. Desainernya yang langsung mentoring cara desain, memotong pola, sampai dengan jadi baju. Katanya bahkan ada yang mengerjakan sampai jam 12 malam. Testimoni dari mereka sendiri itu satu pengalaman yang tidak bisa dilupakan karena mereka bisa merasakan bagaimana di dunia pekerjaan,” terangnya. 

Selain itu, salah satu karya dari Dekranasda Jatim di tahun 2023 adalah Jamanika Resti Wastra Jawi Wetan. Ini tidak hanya berisi rangkuman wastra kabupaten/kota di Jawa Timur, namun juga budaya yang ada. 

“Jadi kami merangkum budaya-budaya besar, baik budaya mataraman, budaya pandalungan, budaya maduraan, dan sebagainya. Harapannya ini bisa menjadi referensi bagi kita semua dan menjadi warna baru yang update. Karena dalam prosesnya, kami temukan di lapangan banyak inovasi-inovasi baru,” jelas Arumi. 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak juga mengapresiasi diterbitkannya Buku Wastra ini. “Kami ucapkan selamat atas diterbitkannya buku wastra yang akan menjadi hasanah bagi seluruh masyarakat mengenai kekayaan wastra di Jawa Timur,” kata Wagub Emil.

Perlu diketahui, adapun beberapa program Dekranasda di tahun 2023 antara lain pameran batik bordir aksesoris di Surabaya, pameran Kriya Nusa di Jakarta, pameran Hari Batik Nasional di Jakarta, serta webinar peningkatan daya saing produk IKM Jatim melalui SNI dan webinar workshop pembuatan konten promosi produk IKM aneka industri dan kerajinan di Surabaya. 

Kemudian ada pelatihan rebranding dan brand awareness bekerja sama dengan IT Telkom di Surabaya, pelatihan media komunikasi pemasaran bekerja sama dengan Universitas Wijaya Kusuma, dukungan pameran batik Ciprat Blitar pada pameran Kriya Nusantara di Yogyakarta, hingga kegiatan podcast dalam rangka meningkatkan daya saing dan promosi binaan Dekranasda Jatim. (idc/s)

#Dekranasda Jatim #rapat koordinasi daerah #Arumi Bachsin Emil Dardak #UKM Batik