Sabtu, 4 Mei 2024

Pj. Ketua Dekranasda Jatim : Kolaborasi Antar Elemen Harus Terus Dibangun

Diunggah pada : 3 Maret 2024 14:00:53 60
Pj. Ketua Dekranasda Jatim, Isye Adhy Karyono (jilbab merah) saat melakukan pemotongan tumpeng pada acara Syukuran HUT Dekranas ke-44 Tahun 2024, di Showroom Dekranasda Jatim, Jalan Kedungdoro Nomor 86 – 90 Surabaya, Minggu (3/3/2024). Foto : Wahyu / JNR

Jatim Newsroom – Penjabat (Pj.) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Timur (Dekranasda Jatim), Isye Adhy Karyono, mengimbau agar kolaborasi antar elemen, baik pada Dekranasda Jatim maupun Dekranasda Kabupaten/Kota untuk terus dibangun. 

Pernyataan tersebut disampaikan Isye saat Ia menghadiri acara Syukuran HUT Dekranas ke-44 Tahun 2024 bertajuk ‘Tumbuh Bersama untuk Memajukan Harapan Bangsa’, pada Minggu (3/3/2024), di Showroom Dekranasda Jatim, Jalan Kedungdoro Nomor 86 – 90 Surabaya. 

"Dengan tema 'Tumbuh Bersama', kita harus membangun kolaborasi, kerja sama, dan koordinasi antar elemen baik di Dekranasda Jawa Timur maupun Kabupaten/Kota. Semuanya perlu selaras untuk memajukan dan melestarikan kualitas karya perajin bangsa supaya bisa bersaing di pangsa pasar dunia,” tutur Isye. 

Lebih lanjut, seiring dengan bertambahnya usia Dekranas ini, Isye berharap, para pelaku produk kriya dan wastra Jawa Timur binaan Dekranasda Jatim bisa bertumbuh dan bersama-sama memajukan maupun melestarikan warisan bangsa. 

“Untuk memajukan warisan bangsa tentunya, beserta nuansa kekhasan atau kearifan lokal masing-masing daerah itu adalah kewajiban kita untuk melestarikan. Dengan tidak hanya menjaga, tapi kita tetap harus mengembangkan lebih maju lagi, menyesuaikan tuntutan perkembangan zaman,” ujar Isye. 

Terkait dengan peningkatan kualitas kerajinan hasil karya para perajin lokal, Isye juga mengingatkan, hendaknya peningkatan kompetensi SDM para perajin perlu diasah lagi. “Karena dengan SDM yang bagus, secara langsung dapat meningkatkan kualitas produk IKM maupun UKM. Sehingga produk tersebut bisa jauh lebih berkualitas dan bisa bersaing di pangsa pasar tidak hanya di lokal saja tetapi bisa mendunia,” imbau Isye. 

Isye menilai, di Provinsi Jawa Timur ini banyak sekali elemen maupun budaya yang menjadi pengelolaan Dekranasda Jatim yang masih perlu ditingkatkan kembali. “Kita juga harus mencari banyak ilmu atau informasi dengan referensi lainnya untuk menggali kreatifitas, sehingga bisa menstimulasi ide-ide kreatif dari para perajin di Jawa Timur,” tukasnya. 

Melalui acara syukuran HUT Dekranas ke-44 ini, Isye menyampaikan harapannya semoga karya-karya milik perajin binaan Dekranasda Jatim bisa bersaing dan menembus pangsa pasar hingga internasional. “Yang kita harapkan khususnya Dekranasda Jatim, karya para perajin lokal tidak hanya bersaing di pangsa pasar Jawa Timur saja, tapi juga nasional hingga mendunia. Semoga kegiatan ini menjadi ikhtiar bersama untuk menjadi lebih baik,” harap Isye. 

Menutup acara peringatan HUT Dekranas ke-44 Tahun 2024 ini, Isye dengan didampingi Kadis DPMPTSP Jatim, Kadisbudpar Jatim, Pj. Ketua Dekranasda Kota Probolinggo, dan Pj. Ketua Dekranasda Kota Batu, melakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda ungkapan rasa syukur. Turut hadir dalam acara, para Kepala OPD Pemprov Jatim, serta pengurus Dekranasda Jatim lainnya. (vin/s)

#Dekranasda Jatim #Dekranas #HUT Dekranas