Sabtu, 4 Mei 2024

Pj Ketua Dekranasda Jatim Kunjungi Sentra IKM Batik di Mojokerto

Diunggah pada : 3 Maret 2024 20:15:25 44
Pj Ketua Dekranasda Jatim, Isye Rahayu Adhy Karyono saat mengunjungi sentra IKM batik kota Mojokerto. (Hen)

Jatim Newsroom - Pj Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Provinsi Jawa Timur, Isye Rahayu Adhy Karyono beserta jajarannya mengunjungi sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Batik Kota Mojokerto, Minggu (3/3/2024).

Dalam kunjungan Pj Ketua Dekranasda Jatim didampingi Kadis Pariwisata, Dinas Koperasi dan UMKM, dan Diskominfo Jatim dan diterima ketua Pj Ketua Dekranasda Kota Mojokerto, Nia W  Ali Kuncoro."Kebetulan hari ini Hut Dekranas ke 44. Setelah melakukan kegiatan di Surabaya, kami tindaklanjuti dengan kunjungan ke IKM Mojokerto. Saya mengapresiasi sentra IKM Batik Mojokerto. Ini bagus dan layak menjadi percontohan di kabupaten/kota lainnya di Jatim.”kata Isye Rahayu Adhy Karyono.

Lebih lanjut dikatakannya, di Jawa Timur dikenal banyak ragam budaya dan corak batik dari 38 kabupaten/kota. Seperti atik Mojokerto dengan motif dan coraknya surya Majapahit, ada tugu wiraraja, dan daun talas sebagai dasar batik Mojokerto.

"Terima kasih kepada Dekranasda Kota Mojokerto yang telah menerima dengan baik kunjungan dari Dekranasda Provinsi Jatim. Banyak ilmu yang telah kami peroleh, untuk menambah ide, refrensi, dan wawasan lainnya. Pelaku IKM di Kota Mojokerto bisa melakukan juga kunjungan ke kabupaten/kota lainnya untuk bertukar informasi tentang batik," mbuhnya.

Pihaknya juga berharap kualitas batik dari Mojokerto juga terus ditingkatkan dengan mengikuti perkembangan zaman. “Tidak hanya zaman lama tapi juga bisa diterima generasi Z atau generasi Milineal,"pungkanya. (Pca/hjr)

#Dekranasda Jatim #Pj Gubernur Jatim