Sabtu, 18 Mei 2024

Cuaca di Perairan Jawa Timur Sebagian Besar Hujan Ringan

Diunggah pada : 20 Januari 2023 11:51:30 67
Sumber gambar : BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Jumat (20/1/2023)

Jatim Newsroom – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya memprakirakan kondisi cuaca maritim di sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur akan adanya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, prakiraan cuaca ini berlaku mulai besok, Sabtu (21/1/2023).

BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya pada grup Info publik BMKG menyampaikan, prakiraan kondisi cuaca dengan hujan ringan di sebagian besar pelabuhan di wilayan perairan Jawa Timur. Beberapa pelabuhan tersebut,  yakni Pelabuhan Gresik, Pelabuhan Kalianget, Pelabuhan Jangkar, dan Pelabuhan Perikanan PP Mayangan.

Sedangkan, di Pelabuhan Perikanan PPP Tamperan, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya memprakirakan akan terjadi hujan sedang. Namun kondisi cuaca diperkirakan hujan lebat akan terjadi di Pelabuhan Sangkapura.

Prakiraan kondisi cuaca maritim ini, dapat mempengaruhi ketinggian gelombang laut di Selat Madura yang berada antara 0.2 – 0.5 meter dan di Laut Jawa bagian timur berada antara 0.5 – 1.3 meter. Sedangkan di Samudera Hindia Selatan Jatim berada antara 1.0 – 2.5 meter.

Untuk arah angin, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya melalui situsnya juga menjelaskan bahwa arah angin didominasi dari arah Selatan ke Barat Daya, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 12 knots atau 22 kilometer per jam. (vin/s)

#BMKG