Minggu, 28 April 2024

Cegah Narkoba, Anggota Komisi A DPRD Jatim Adam Rusydi : Orang Tua Harus Awasi Anaknya

Diunggah pada : 5 Februari 2024 19:04:49 34
RechtPod yang berlangsung di Perpustakaan Biro Hukum, Setdaprov Jatim, Surabaya, Senin (5/2/2024).

Jatim Newsroom – Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur, Adam Rusydi, menginbgatkan kepada para orang tua untuk terus mengawasi anak-anak mereka agar tidak terkena peredaran narkoba. Hal tersebut dikatakan Adam, saat berkesempatan hadir sebagai tamu RechtPod yang berlangsung di Perpustakaan Biro Hukum, Setdaprov Jatim, Surabaya, Senin (5/2/2024). 

“Para orang tua harus mampu mengawasi dan selalu mengecek kondisi anak apakah ada perubahan dari anak tersebut. Jika orang tua melihat ada perubahan, maka harus diperiksa dan akhir-akhir ini gadget juga dapat mempengaruhi anak-anak, orang tua harus melakukan pendekatan karena mereka yang akan memonitor tumbuh kembang anaknya,” ujar Adam, dalam siaran RechtPod besutan Biro Hukum Setdaprov Jatim.

Adam menerangkan, anak-anak muda itu secara sadar menggunakan narkoba tanpa ada pengaruh dari pihak lain. Faktor usia remaja pada anak-anak muda, yang mudah penasaran terhadap narkoba, dan kurangnya pengawasan anak, serta pengaruh lingkungan, menjadi sebuah kebiasaan dan harus diwaspadai bersama terutama orang tua. 

“Mereka itu coba-coba  karena punya rasa penasaran, kemudian ketergantungan, dan kebiasaan. Maka, hal ini arus diwaspadai bersama, terutama orang tua, harus mampu mengawasi, cek kondisi anak, apakah ada perubahan? Kalau ortu melihat ada perubahan, di cek, dan hari ini gadget dapat mempengaruhi, anak anak dan ortu harus terbuka, harus melakukan pendekatan,” terangnya. 

Saat ini, kata Adam,  anak-anak sekolah rentan terpengaruh dengan narkoba. Bahkan hal tersebut ditemui di sekolah tertentu. “Ini yang menjadi keprihatinan pemerintah. Oleh karenanya Perarturan Daerah atau Perda ini sangat penting dan harus membantu dengan baik,” ujarnya. 

Diketahui, selain Adam, pada Podcast Rechtpod ini, juga turut hadir dua narasumber lain, yakn, Kepala Biro hukum Setdaprov Jatim, Lilik Pudjiastuti, dan anggota Komisi A DPRD Jatim, Rohani Siswanto. (vin-tere/s) 

#dprd jatim #narkoba #Komisi A DPRD Jatim #podcast #Biro Hukum Setdaprov Jatim