Kamis, 2 Mei 2024

Catherine, Atlet Cilik Bibit Unggul Sepak Takraw Jatim

Diunggah pada : 14 September 2023 17:19:10 100
Catherine Visha Wardaya, atlet termuda Sepak Takraw Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII/2023 bersama ayah dan kakanya. Foto: diah JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Catherine Visha Wardaya atau biasa dipanggil Catherine menjadi atlet termuda yang mengikuti Cabang Olahraga (cabor) Sepak Takraw Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII/2023. Atlet asal Kota Probolinggo yang menginjak usia 9 tahun ini, menempati posisi cadangan dalam tim Sepak Takraw Putri. 

Atlet cilik kelahiran Kota Probolinggo, 20 Oktober 2014 ini mulai tertarik pada Sepak Takraw karena terinspirasi dari sang kakak, Nuril. Sang kakak kini merupakan atlet Sepak Takraw kebanggaan Kota Probolinggo. Sejak berusia 4 tahun, kedua orang tuanya menyadari bahwa Catherine memiliki ketertarikan dan semangat untuk belajar Sepak Takraw. Ia bahkan sering ikut kakaknya belatih bersama setiap hari.

Cahterine adalah putri dari Joko Wardoyo yang merupakan Pelatih Sepak Takraw dan Wulan yang atlet senior Sepak Takraw Probolinggo. Orang tuanya menuturkan, Catherine selalu bersemangat dan ingin sehebat saudarinya. "Dia selalu bilang ingin seperti kakaknya, ingin lebih dari kakak, ingin jadi juara" ujar Wulan, ibunda dari Cahterine.

Dibalik usianya yang masih sangat muda, Catherine memiliki motivasi dan rasa percaya diri yang tinggi. Untuk bisa menjadi atlet seperti sekarang ini, diperlukan latihan yang sangat panjang. Challenge demi challenge dilalui untuk membuktikan bahwa ia mampu menjadi atlet yang dapat mewakili kota Probolinggo. Bahkan, Cahterine mampu melakukan sepak silang bola 100kali tanpa terjatuh.

 "Setiap saya challenge dengan tantangan tantangan baru, dia selalu berusaha untuk menyelesaikan tantangan tersebut dengan baik, tentu dengan usianya yang masih kecil, harus ada trik khusus untuk menjaga semangatnya dengan memberikan hadiah sesuai dengan pencapaiannya," ungkap Wulan.

Untuk ajang PORPROV VIII Jatim tahun ini, Catherine berlatih setiap hari setiap pagi dan sore selama beberapa bulan. Latihan disesuaikan dengan kemampuan Catherine terutama latihan tendangan dan dilakukan tanpa mengganggu kegiatan sekolahnya.

Wulan sebagai orang tua mengaku bangga dengan semangat dan kegigihan putrinya. Kedua orangtuanya terus berusaha mandampingi, memberikan motivasi dan menjaga semangat Catherine agar terus termotivasi untuk mengingkatkan kemampuannya agar setara dengan teman teman satu timnya.

Wulan berharap, setelah kegiatan PORPROV VIII Jatim 2023 ini berakhir, Catherine dapat menjadi tim inti cabor Sepak Takraw di ajang Pekan Olahraga Nasional tingkat SD (POR SD) dan kedepannya dapat ngikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) hingga akhirnya nanti bisa menjadi atlet Sepak Takraw Nasional. (das/s)

#PORPROV Jatim