Minggu, 5 Mei 2024

Bupati Pasuruan Optimis Atlet Kab Pasuruan Sukes di POPDA XIII dan PEPARPEDA I

Diunggah pada : 7 November 2022 13:07:21 78
Istimewa

Jatim Newsroom – Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf optimis, para atlet Kabupaten Pasuruan yang akan berlaga dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XIII dan Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (PEPARPEDA) I Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Sidoarjo, 8-16 November mendatang akan mendulang prestasi.

Hal ini disampaikan Bupati memberangkatkan rombongan atlet, pelatih dan official  POPDA XIII dan PEPARPEDA) I Provinsi Jawa Timur dari  Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Senin (7/11/2022).

Bupati Irsyad Yusuf berpesan kepada para atlet, pelatih dan official agar senantiasa menjaga nama baik Kabupaten Pasuruan. Baik dari tingkah laku, tutur kata dan jiwa sportifitas sebagai landasan bagi seluruh atlet dalam mengikuti POPDA dan PEPARPEDA.

"Penting bagi kita untuk berprestasi, akan tetapi lebih penting, apabila setiap event yang dijalani, dilaksanakan dengan memegang teguh prinsip-prinsip sportifitas. Jaga nama baik Kabupaten Pasuruan, karena kita bertanding di daerah lain," pesannya.

Gus Irsyad optimis seluruh atlet yang masih berstatus pelajar ini bisa terus berprestasi di ajang lain seperti Pekan Olahraga Provinsi ( PORPROV) , Pekan Olahraga Nasional (PON), bahkan sampai di level dunia seperti Sea Games, ASEAN Games dan olimpiade.

"Semoga dengan keikutsertaan di ajang POPDA dan PEPARPEDA ini betul-betul bisa menghasilkan calon atlet yang pada akhirnya membanggakan Kabupaten Pasuruan. Sehingga KONI pada saat PORPROV tidak susah lagi mencari bibit olahraga ke depannya," harapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pasuruan, Taufikhul Ghony mengatakan, pelaksanaan POPDA ke XIII diselenggarakan mulai 8-12 November 2022. Dimana dari 15 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, para atlet Kabupaten Pasuruan mengikuti 10 cabor, diantaranya atletik, panahan, tenis lapangan, renang, bridge, wushu, taekwondo, catur, selam, dan petanque. Total ada 86 orang yang mengikuti POPDA. Dengan rincian 65 atlet plus 21 pelatih dan official. Sedangkan PEPARPEDA I digelar sejak 14-16 November 2022 dengan total 4 cabor yang dipertandingkan. Tim Kabupaten Pasuruan terdiri dari 9 atlet, 3 pelatih dan 3 official, dan para atlet akan mengikuti 2 cabor, yakni atletik dan renang.

"Kalau POPDA, total ada 86 atlet. Itu sudah termasuk pelatih dan official. Tapi untuk PEPARPEDA jumlahnya ada 12 orang. Atletnya ada 9 orang plus 3 orang pelatih dan 3 official. Selain para atlet, pelatih dan official, Bupati Irsyad juga memberangkatkan para pendamping dari Dispora sebanyak 7 orang. Sehingga apabila dikalkulasikan, total keseluruhan mencapai 105 orang. Dari semua cabor yang diikuti, selam adalah yang paling diunggulkan untuk meraih banyak pundi-pundi medali di setiap kategori. Selain itu, cabor renang panahan juga diharapkan bisa mendulang banyak prestasi dalam POPDA maupun PEPARPEDA di tahun ini,“ jelas  Ghony. (yan/n)

#Kab Pasuruan