Rabu, 1 Mei 2024

Bupati Mojokerto Sampaikan Pentingnya Air Bersih Bagi Rumah Tangga

Diunggah pada : 22 Agustus 2023 10:08:49 37
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, secara resmi membuka agenda kegiatan rapat pleno Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kabupaten Mojokerto di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Kabupaten Mojokerto, Senin (21/8/2023). Pada momen itu, Ia berkesempatan menjadi pembicara atau narasumber yang menyampaikan materi terkait kualitas air bersih bagi rumah tangga. 

Rapat pleno tersebut, diikuti sedikitnya 150 peserta yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Pokja I hingga Pokja IV TP PKK tingkat Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto. Pelaksanaan rapat pleno tersebut, juga turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo, dan Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto, Shofiya Hanak Al Barra.

Bupati Ikfina, melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto pada Selasa (22/8/2023) menjelaskan, bahwa kualitas air bersih untuk rumah tangga itu merupakan suatu hal yang sangat penting, karena kualitas air bersih menjadi salah satu faktor penentu dalam menetapkan suatu keluarga itu berisiko stunting atau tidak.

"Jadi ada empat indikator, salah satu indikatornya adalah terkait sanitasi, bagaimana kondisi kebersihan lingkungan yang di dalam ada di indikator ini, selain itu kondisi lantai rumah, kondisi rumah, dan kondisi ketersediaan air bersih ini juga terkait dengan kondisi faktor sanitasi yang menentukan apakah sebuah keluarga itu berisiko stunting atau tidak," jelasnya.

Selain empat indikator tersebut, Bupati Ikfina juga menyebutkan, bahwa terdapat empat klasifikasi dan kriteria mutu air yang digunakan untuk masyarakat. Yakni,  kelas 1 adalah perairan yang diperuntukkan sebagai air baku untuk air minum. Lalu, kelas 2 yang perairannya diperuntukkan sebagai sarana atau prasarana rekreasi air, budidaya ikan tawar, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, kelas 3, yakni perairan yang diperuntukkan untuk sarana atau prasarana budidaya ikan tawar, dan peternakan air untuk mengairi pertanaman. Dan terakhir kelas 4, yaitu perairan yang diperuntukkan untuk mengairi pertanaman.

"Jadi ada petugas dari Dinas Kesehatan yang namanya petugas sanitasi yang punya keahlian khusus, dan dia nanti yang akan mengambil sampling untuk mengecek yang ada di  Mojokerto terkait dipakai untuk air minum dan juga dipakai untuk bikin sanitasi di rumah tangga yang ada di Kabupaten Mojokerto, karena kita harus selalu menjaganya dan kualitasnya ada 3 parameter yaitu parameter fisik, parameter kimia dan parameter biologi," terang Bupati Ikfina. 

Diketahui, selain menyampaikan terkait penting air bersih bagi rumah tangga, Bupati Ikfina juga menyosialisasikan terkait transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bagi anak-anak. (vin/s) 

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #TP PKK #air bersih #Pemkab Mojokerto #Rapat Pleno