Jumat, 17 Mei 2024

Bupati Mojokerto: KORPRI adalah Wadah Perekat dan Pemersatu Bangsa

Diunggah pada : 29 November 2023 13:58:35 24
Upacara peringatan HUT ke-52 Korpri di Halaman Pemkab Mojokerto, pada Rabu (29/11/2023). Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati meyakini, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) merupakan wadah perekat dan pemersatu bangsa. Di sinilah Korpri dapat memainkan peran strategis karena pengabdian Korpri tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara dalam upaya mewujudkan tujuan nasional. 

Terutama pada saat berlangsungnya pesta demokrasi, lanjut Ikfina, netralitas ASN menjadi hal yang krusial karena menjadi prinsip fundamental dalam sistem pemerintahan yang demokratis dan berkeadilan. Netralitas mencerminkan prinsip keadilan dan persamaan dalam pemerintahan. 

"ASN diwajibkan bersikap obyektif, bekerja untuk kepentingan bersama tanpa campur tangan politik atau preferensi pribadi. Hal ini adalah prinsip yang penting untuk memastikan bahwa pelayanan publik yang diberikan oleh ASN adalah adil, transparan dan berpihak pada kepentingan masyarakat," ujarnya dalam upacara peringatan HUT ke-52 Korpri di Halaman Pemkab Mojokerto, pada Rabu (29/11/2023).

Ia mengatakan, beberapa waktu yang lalu seluruh ASN Kabupaten Mojokerto telah melakukan pengucapan ikrar bersama dan penandatanganan pakta integritas netralitas ASN dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada tahun 2024. Hal itu lantaran netralitas merupakan salah satu kewajiban ASN dalam bekerja. 

"Jadikan momen tersebut sebagai tonggak bahwa ASN Kabupaten Mojokerto selalu menjaga netralitas dan tidak melakukan pelanggaran baik yang disengaja maupun tidak disengaja karena akan ada sanksi yang tegas terhadap pelanggaran netralitas baik sanksi moral maupun administrasi berupa hukuman disiplin tingkat sedang sampai berat," tegasnya.

Selanjutnya, sejalan dengan berlakunya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara nomor 20 tahun 2023, Korpri siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, mewujudkan jiwa korps sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum serta mengembangkan kesejahteraan anggota. 

"Keberadaan Korpri diharapkan dapat menjadi motor penggerak percepatan dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Mojokerto. Saya ingin menegaskan kembali kepada seluruh ASN anggota Korpri Kabupaten Mojokerto untuk selalu bekerja dengan berintegritas, profesional dan pengabdian dengan melandaskan pada Core Value ASN Berakhlak dan employer brandingnya bangga melayani bangsa dan jaga netralitas di tengah-tengah pusaran dinamika politik yang terjadi," pungkasnya. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #korpri #netralitas ASN