Minggu, 19 Mei 2024

Bupati Mojokerto Jelaskan 6 Pilar Transformasi Kesehatan

Diunggah pada : 6 Desember 2023 18:17:47 130
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menerangkan enam pilar transformasi kesehatan, yaitu Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Pembiayaan Kesehatan Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

"Pilar transformasi kesehatan ini adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju," tegasnya dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (6/12/2023), Bupati Ikfina mengatakan pihaknya terus mendorong para tenaga kesehatan untuk senantiasa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara prima. 

Hal tersebut sejalan sesuai amanat UUD 1945 yaitu, setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.

"Sehingga pilar transformasi kesehatan sebagai penopang sistem kesehatan Indonesia harus dibangun secara serius dan terus menerus," ungkapnya.

Ikfina menambahkan, sebuah pemerintahan tidak mampu melakukan transformasi secara sendiri, tapi perlu adanya sinergisitas dan kolaborasi yang kuat dan erat dari seluruh pemerintahan yakni Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan semua elemen masyarakat. 

Dalam kesempatan ini Bupati Ikfina juga mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk selalu menjaga netralitas menjelang tahun politik tahun 2024. Hal itu agar ASN di bidang kesehatan ini bisa bekerja dengan maksimal melayani masyarakat.

"Saya minta tolong, netralitas ASN dikedepankan, kami tidak ingin, dengan isu-isu yang disebar menjelang tahun politik ini, pelayanan kepada masyarakat akan terganggu," pungkasnya. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #Hari Kesehatan Nasional