Jumat, 26 April 2024

Bupati Mojokerto: ASN Harus Aktif dan Paham Digital Culture

Diunggah pada : 27 Oktober 2022 11:13:28 33
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mojokerto menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Literasi Digital Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Agenda yang berlangsung di Trawas, Rabu (26/10/2022) ini secara langsung dibuka oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati. 

Bupati Ikfina mengatakan, kehidupan masyarakat saat ini hidup di dua dunia, yakni dunia nyata dan dunia maya. Aktivitas berselancar di dunia digital pastinya semakin hari akan semakin bertambah. 

"Saat ini tentu kita hidup di dunia nyata dan dunia maya. Makin ke depan, waktu yang kita habiskan dalam satu hari untuk berselancar di dunia maya akan semakin bertambah. Sehingga kecakapan kita di dunia maya, bagaimana kita menjadi pribadi yang baik di dunia digital tersebut juga harus kita miliki juga senantiasa kita tingkatkan," ungkapnya. 

Tak jauh berbeda dengan dunia nyata, lanjut Ikfina, di dunia maya pun ada aturan-aturan yang harus dipahami dan ditaati. "Di dunia maya pun ada aturannya, sehingga kita pun juga tetap tidak bisa semau-maunya saat berada di dunia maya," tandasnya. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Ikfina juga menyampaikan materi terkait digital culture. "Digital culture, ini bagaimana kita sebagai WNI ini menyadari bahwa ketika memasuki dunia digital, secara tidak langsung dia sudah menjadi warga dunia digital yang harus berlandaskan bhineka tunggal ika dan pancasila," tuturnya. 

ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto, lanjut Ikfina, harus selalu meningkatkan pemahaman digital literasi. Karena ke depannya, para ASN juga harus aktif dalam dunia digital untuk memberikan dan menyebarluaskan informasi dari pemerintah. 

"Pemahaman digital literasi ini adalah sifatnya harus, ASN harus paham dan harus tahu. Makanya harus tahu rambu-rambunya seperti apa. Jangan sampai ketidaktahuan itu membuat dia melanggar aturan," katanya. 

Keaktifan ASN ini nanti bakal menjadi ujung tombak untuk mengisi dunia digital dengan konten-konten positif, informatif, dan produktif. "Keaktifan ASN ini sangat aktif berselancar di dunia maya, ke depannya pasti teman-teman ASN ini akan menjadi bagian dari penyebarluasan informasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh pemerintah. Kita justru mendorong mereka aktif di dunia digital, bagaimana kita memenuhi dunia maya ini dengan konten-konten yang positif dan produktif," jelasnya. (idc/n)

#Bupati Mojokerto #literasi digital