Minggu, 19 Mei 2024

Buka Pelatihan GTA, Bupati Mojokerto Mengharap Peserta Dapat Ikuti Secara Maksimal

Diunggah pada : 5 September 2022 20:54:30 151
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati (tengah) saat penyerahan cinderamata dari Balitbang SDM di ruang Command Center, Pemkab Mojokerto, Senin (5/9/2022). Foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Sejumlah 200 orang  Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto mengikuti pelatihan Government Transformation Academy (GTA) secara luring atau offline, mulai Senin (5/9/2022)  hari ini sampai lima hari kedepan, di SMPN 1 Sooko, SMPN 2 Sooko, dan SMPN 1 Jetis Mojokerto. 

Kegiatan ini merupakan wujud kerjasama antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto, dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM), Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) serta Kementerian Kominfo (Menkominfo). 

Dengan mengusung lima tema pelatihan, yaitu Sistem Manajemen Keamanan Informasi, Social Media Analyst (SMA), Digital Public Relation (DPR), Analis Kota Cerdas (AKC), dan Junior Office Operator (JOO), kegiatan ini dibagi kedalam tujuh kelas supaya maksimal dalam pelaksanaannya yakni masing-masing di SMPN 1 Sooko sebanyak tiga kelas, SMPN 2 Sooko dua kelas, dan SMPN 1 Jetis dua Kelas.

Ikfina Fahmawati menyampaikan harapannya, bahwa para ASN yang mengikuti kelas GTA, dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Mojokerto. Menurutnya, kegiatan ini adalah kesempatan bagi 200 ASN Kabupaten Mojokerto yang terlibat, lantaran program dari Kementerian Kominfo ini sangat terbatas, hanya 5.000 peserta ASN se-Indonesia.

"Jadi ini harus kita terima sebagai suatu peluang dan kesempatan yang langka, karena tidak semuanya mendapatkan kesempatan ini," jelas Bupati Ikfina, melalui rilis Diskominfo kab.Mojokerto.

Acara Pelatihan GTA ini dibuka langsung oleh Bupati Ikfina secara virtual, di ruang Command Center, Pemkab Mojokerto. Pembukaan ini ditandai dengan penyerahan cinderamata oleh Balitbang SDM kepada Bupati Mojokerto. Ia meminta, kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat melibatkan dirinya secara holistik seratus persen selama lima hari kedepan.

"Saya yakin pelatihan ini sudah dikoordinasikan dengan perangkat daerah masing-masing, supaya semua peserta kegiatan pada hari ini sampai lima hari kedepan betul-betul difokuskan, tidak dibebani dengan tugas-tugas rutin, sehingga peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan serius," harapnya.

Bupati Mojokerto ini juga meminta kepada penanggung jawab Pelatihan GTA, yaitu Kepala Dinas Kominfo, dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mojokerto untuk memonitor secara rinci terkait keberlangsungan pelatihan GTA ini.

"Saya minta berada ditempat dan juga terlibat secara aktif, agar para peserta ini bisa fokus meningkatkan SDM dan kedepan bisa menjalankan tugasnya masing-masing di era digitalisasi ini," tegasnya.

Bupati Ikfina juga menyampaikan, saat ini pemerintah dituntut untuk melakukan efisiensi belanja negara karena dirasakan adanya pemborosan anggaran dalam membiayai ASN, sehingga pemerintah harus selektif dalam mempertahankan dan memberikan porsi, baik kenaikan pangkat maupun jabatan kepada ASN yang berada lingkungan Pemkab Mojokerto.

"Karena negara ini tidak cukup punya banyak uang untuk memberikan hak-hak para ASN, maka hanya ASN yang berkualitas dan berkapasitas juga sesuai standar saja yang akan kita pertahankan," pungkasnya.

Sementara itu, melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo Mojokerto), mengatakan bahwa kegiatan pelatihan GTA ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM), Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) dan Kementerian Kominfo tanggal 16 Agustus lalu.

"Kerjasama tersebut berlanjut sampai hari ini tanggal 5 sampai 9 September dengan pelatihan GTA yang dilaksanakan secara offline selama lima hari dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore," tutupnya.

Setelah melakukan pembukaan Pelatihan GTA, Bupati Mojokerto Ikfina didampingi Kepala Diskominfo beserta Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) Kabupaten Mojokerto, meninjau langsung peserta pelatihan GTA yang berada di SMPN 1 Sooko. Serta dapat diketahui bahwa, dalam kesempatan kali ini turut hadir, Kepala Balitbang SDM Pusdiklat Menkominfo, yang diwakili Badan Pengembangan Sumber Daya Perhubungan (BPSDMP) Surabaya, Dyah Prasetyaningsih, dan Pelaksana Tugas) (PLT Kepala BKPSDM Kabupaten Mojokerto, Bambang Eko Wahyudi. (vin) 

 

#Kabupaten Mojokerto