Senin, 6 Mei 2024

BPS Jatim Rilis Hasil Sensus Pertanian 2023

Diunggah pada : 4 Desember 2023 12:33:00 151
Diseminasi Hasil Sensus Pertanian 2023, di Kota Batu, Senin (4/12/2023)

Jatim Newsroom - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur merilis Hasil Sensus Pertanian 2023, di Kota Batu, Senin (4/12/2023). Kepala BPS Jatim, Zulkipli, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan serempak oleh BPS Pusat dan BPS Provinsi se-Indonesia.

Ia mengatakan, di dalam hasil Sensus Pertanian tahun 2023 ini, tentu ada hal-hal baru yang ditemukan selama kurun waktu 10 tahun terakhir. 

"Perubahan-perubahan yang ada dari sektor pertanian yang saat ini memegang kontribusi ketiga dari PDRB kita di Jawa Timur tentu patut untuk kita perhatikan secara bersama. Perubahan-perubahan inilah yang akan membawa berbagai macam kebijakan di Jawa Timur nantinya," ujar Kepala BPS Jatim. 

Ia menerangkan ada sebanyak 32.392 petugas yang diterjunkan dalam proses sensus pertanian 2023. Selama dua bulan, dari tanggal 1 Juni s.d. 31 Juli 2023, mereka datang dari rumah ke rumah untuk melakukan pendataan.

"Ini dilaksanakan secara door to door dengan segala pernak-pernik yang ada. Bapak/Ibu juga bisa melihat perjuangan 32 ribu orang itu tidak hanya di wilayah-wilayah yang mudah dicapai, tetapi juga sampai ke wilayah-wilayah yang sulit untuk dicapai," terangnya. 

Di hadapan seluruh pimpinan atau perwakilan BPS kabupaten/kota se-Jawa Timur dan undangan yang hadir, Zulkipli menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sinergi yang terjalin selama ini. 

"Tentu ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Bapak/Ibu semua yang sudah berkoordinasi untuk menghasilkan angka sensus pertanian 2023 sehingga hari ini bisa kita sampaikan kepada seluruh masyarakat," tuturnya. 

Tak lupa, Zulkipli berpesan agar hasil Sensus Pertanian 2023 ini bisa menjadi pijakan, mendampingi data-data lain. "Teman-teman BPS di Kabupaten/Kota setelah rilis ini harus menyampaikan kepada seluruh pimpinan daerahnya. Sehingga nantinya akan dapat kita gunakan untuk kebijakan menyeluruh yang ada di Jawa Timur," pesannya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin menyampaikan selamat kepada BPS Jatim dengan telah rilisnya Data Sensus Pertanian 2023. 

"Data sensus pertanian ini menjadi sangat penting untuk dapat menggambarkan sektor pertanian terkini yang kemudian bisa dilakukan peningkatan secara komprehensif dan menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan yang berbasis data untuk memperkuat kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani kita. Terima kasih. Selamat dan sukses. Dengan data kita membangun Indonesia," kata Kadis Sherlita. (idc/s)

#pertanian #BPS Jatim #Sensus Pertanian Tahun 2023