Jumat, 3 Mei 2024

Mentan RI Kunjungi Lamongan, Tinjau Pompanisasi dan Panen Padi

Diunggah pada : 19 April 2024 16:34:20 59
Kunjungan Menteri Pertanian RI ke Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom – Usai melakukan pengecekan program pompanisasi di Babat, Kabupaten Lamongan, Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman bersama Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi melaksanakan panen padi varietas IPB 9G (gogo), Jumat (19/4/2024).

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan, varietas ini diharapkan mampu bertahan di lahan kering dan sawah, di Desa Blawirejo, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan.

Keberhasilan varietas bibit padi IPB 9G yang dikembangkan IPB University melalui pilot project di Lamongan memantik Mentan Andi untuk mengembangkan klaster pertanian modern yang dimonitoring secara langsung oleh perguruan tinggi. 

Klaster tersebut nantinya dari segi kebutuhan bibit, alat (traktor dan combine), maupun pupuk bersubsidi akan disediakan oleh Kementrian Pertanian secara langsung. 

Sehingga program tersebut dapat menyejahterakan petani, menarik minat bertani para generasi muda, sekaligus akselerasi kesetaraan pertanian dengan Jepang hingga negara lainnya. 

Mendapat dukungan secara langsung dari Kementerian Pertanian RI, Bupati Lamongan Yuhronur Effendi mengapresiasi sekaligus menyambut baik program pompanisasi yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas padi di Lamongan. (idc/s)

#Kabupaten Lamongan #pertanian #menteri pertanian