Selasa, 30 April 2024

BPS Jatim Merilis Laporan Statistik Harga Produsen Gabah Jatim 2023

Diunggah pada : 15 Februari 2024 18:03:57 26
Laporan Statistik Harga Produsen Gabah di Jawa Timur 2023. Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) merilis laporan Statistik Harga Produsen Gabah Provinsi Jawa Timur 2023 yang dapat diakses melalui laman https://jatim.bps.go.id/publication.html. 

Mengutip laman BPS Jatim (15/2/2024), Kepala BPS Jatim, Zulkipli mengatakan publikasi Statistik Harga Produsen Gabah Provinsi Jawa Timur 2023 ini merupakan publikasi tahunan yang diterbitkan oleh BPS Jatim. Data yang disajikan dalam publikasi ini adalah data harga produsen gabah di tingkat kabupaten dan provinsi selama periode Januari sampai dengan Desember 2023. 

Selain itu, hasil survei monitoring harga produsen gabah meliputi jumlah observasi, harga terendah dan harga tertinggi di titik transaksi, harga rata-rata menurut kelompok kualitas, komponen mutu, dan kasus harga di bawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP), baik di tingkat petani maupun penggilingan. 

Ia menerangkan, komoditas gabah merupakan salah satu komoditas strategis, maka harga gabah baik di tingkat petani maupun penggilingan perlu diatur oleh pemerintah melalui Peraturan Badan Pangan Nasional RI 6/2023 tentang Harga Pembelian Pemerintah dan Rafaksi Harga Gabah dan Beras yang berlaku efektif mulai 24 Maret 2023. 

Perbadan tersebut merevisi peraturan sebelumnya yakni Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) RI 4/2020. Kebijakan ini diperlukan guna mengamankan harga agar tercipta stabilitas harga di pasaran. 

“Berbagai kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan guna perbaikan dan penyempurnaan publikasi yang akan datang. Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu sehingga publikasi ini dapat diterbitkan,” ujarnya. (idc/hjr)

#pertanian #BPS Jatim #harga produsen gabah